4 Cara Gunakan Lidah Buaya untuk Usir Jerawat

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 24 Agustus 2020 22:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 24 611 2266817 4-cara-gunakan-lidah-buaya-untuk-usir-jerawat-d1TUi0HGPJ.jpg Lidah buaya untuk usir jerawat (Foto : Boldsky)

Jerawat merupakan masalah umum yang kerap kali dialami, baik wanita maupun pria. Penyebabnya pun beragam, mulai dari polusi, iritasi kulit, tidak cocok dengan produk tertentu, dan masih banyak lagi.

Cara menghilangkan jerawat pun beragam. Anda bisa menggunakan obat bebas yang dijual di pasaran. Jika Anda lebih memilih untuk melakukan perawatan alami untuk menghilangkan jerawat, Anda bisa melakukannya dengan lidah buaya.

Lidah buaya mengandung antioksidan seperti vitamin A, C dan E yang melawan radikal bebas untuk menghidupkan kembali kulit Anda. Asam salisilat yang ada dalam lidah buaya memberikan sifat antibakteri dan anti-inflamasi padanya.

Dengan demikian, lidah buaya dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat dan menenangkan kulit yang meradang dan teriritasi. Lidah buaya juga meningkatkan produksi kolagen di kulit, meningkatkan elastisitas kulit, dan membantu penyembuhan kulit lebih cepat.

Melansir Boldsky pada Senin (24/8/2020), berikut 5 cara menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan jerawat.

Lidah buaya dan cuka apel

Cuka Apel

Cuka apel dikenal karena sifat antibakterinya yang membantu membersihkan kulit dan mengurangi jerawat. Anda hanya membutuhkan 1 sdm gel lidah buaya, 1 sdt cuka apel, 2 sdt air mineral, serta kapas.

Caranya, Encerkan cuka sari apel dengan menambahkannya ke air mineral. Tambahkan gel lidah buaya kedalamnya dan aduk rata. Rendam bola kapas dalam larutan tersebut dan gunakan untuk menyeka wajah Anda sama seperti Anda menggunakan toner. Cuci bersih setelah beberapa menit.

Baca Juga : Liburan ke Labuan Bajo, Asyiknya Salmafina Sunan Berjemur Pakai Bikini

Lidah buaya, gula, dan minyak jojoba

Butiran kasar gula membantu mengelupas kulit dan mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk untuk membersihkan jerawat. Sementara itu, minyak jojoba meniru minyak alami yang diproduksi oleh kulit, sehingga mengontrol produksi minyak di kulit untuk mencegah munculnya jerawat.

Anda hanya membutuhkan 1/4 cangkir gel lidah buaya, ½ cangkir minyak jojoba, dan ½ cangkir gula pasir. Caranya, campur semua bahan dalam mangkuk untuk mendapatkan larutan yang kasar. Ambil campuran ini dalam jumlah yang banyak dan gosok wajah Anda dengan lembut selama 3-5 menit. Bilas hingga bersih.

Lidah buaya dan minyak pohon teh

Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh benar-benar merupakan perawatan antibakteri untuk kulit. Ini mencegah bakteri penyebab jerawat dan juga meningkatkan proses penyembuhan kulit. Yang Anda butuhkan adalah 1 sdm gel lidah buaya, 2 sdm air murni, 2-3 tetes minyak pohon teh.

Caranya, Campurkan air murni dan gel lidah buaya dalam mangkuk. Tambahkan minyak pohon teh kedalamnya dan aduk rata. Oleskan campuran tersebut ke wajah Anda. Biarkan selama beberapa menit. Cuci bersih dan keringkan kulit Anda.

Lidah buaya, mentimun, dan air mawar

Sangat melembabkan kulit, mentimun memiliki kekuatan untuk menenangkan kulit dan mengurangi rasa sakit atau peradangan. Kaya vitamin C dan fenol, air mawar berperan sebagai toner untuk menjaga kebersihan pori-pori kulit sehingga mengurangi jerawat.

Hal yang Anda butuhkan adalah 1 sdt gel lidah buaya, 1 sdt jus mentimun, 1 sdt air mawar, dan bola kapas. Cara penggunaannya, campurkan semua bahan dalam mangkuk. Gunakan bola kapas untuk mengoleskan campuran ke area yang terkena. Biarkan sampai mengering. Bilas hingga bersih.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini