Cegah Anak Kecanduan Gadget, Psikolog: Orangtua Pegang Kekuasaan Penuh!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 24 Agustus 2020 16:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 24 612 2266602 cegah-anak-kecanduan-gadget-psikolog-orangtua-pegang-kekuasaan-penuh-pa59MfRHjB.jpg Dampingi anak ketika menggunakan gadget (Foto : Parents)

Pandemi Covid-19 memaksa pemerintah untuk menghentikan sementara kegiatan belajar mengajar di sekolah. Sebagai gantinya, kegiatan tersebut kini dilakukan jarak jauh atau secara virtual (online).

Peran orangtua pun dinilai sangat berpengaruh besar sangat besar dalam membantu anak mengikuti sekolah online. Pasalnya, setiap anak diharuskan menggunakan gadget guna mengikuti pertemuan yang dilakukan secara virtual.

Bila dilakukan tanpa pengawasan orangtua, penggunaan gadget ini dikhawatirkan dapat disalahgunakan oleh sang anak. Hal tersebut turut diakui oleh Psikolog Meity Arianty.

Menurutnya, masalah penggunaan gadget ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab orangtua sebagai pemegang 'kekuasaan'.

Belajar Online

"Aku selalu sampaikan ke orangtua pentingnya aturan di dalam rumah. Karena dengan aturan anak-anak belajar bertanggung jawab, termasuk aturan menggunakan gadget, kapan di berikan, berapa lama durasinya, dan untuk kepentingan apa saja, karena kalau tidak seperti ini maka akan kebablasan," ujar Mei saat dihubungi Okezone, belum lama ini.

Baca Juga : Liburan ke Labuan Bajo, Asyiknya Salmafina Sunan Berjemur Pakai Bikini

Untuk menyiasatinya, lanjut Psikolog Mei, orangtua harus membuat jadwal khusus dan memastikan sang anak mengikutinya dengan baik. Karena pada akhirnya, orang tua lah yang akan bertanggung jawab pada anak-anak mereka.

"Perlu diingat kembali bahwa masalah gadget ini kembali ke bagaimana aturan di dalam rumah seperti apa. Karena semua kegiatan yang dilakukan dan fasilitas yang digunakan, pada dasarnya bermanfaat selama dilakukan dengan bijak," tegas Mei.

"Orangtua dalam hal ini memegang peranan penting dalam mengontrol dan memberikan aturan terkait penggunaan gadget dan memberikan fasilitas sesuatu dengan kebutuhannya," tandasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini