5 Makanan Ini Bisa Bantu Atasi Konstipasi, Apa Saja?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 25 Agustus 2020 15:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 25 298 2267198 5-makanan-ini-bisa-bantu-atasi-konstipasi-apa-saja-9vbvcVx9Y7.jpg Jeruk atasi sembelit (Foto: Hale Groves)

Sulit buang air besar (BAB)? Apakah itu membuat Anda merasa tertekan dan mengganggu Anda dalam melakukan aktivitas sehari-hari? Jika ya, Anda mungkin mengalami sembelit.

Gangguan fungsi usus biasanya menyebabkan sembelit karena asupan air yang tidak mencukupi, serat yang tidak mencukupi dalam makanan, gangguan pola makan atau rutinitas yang teratur, stres, dan masih banyak penyebab lainnya.

Sembelit terjadi ketika seseorang kesulitan mengosongkan usus besar, serta frekuensi BAB yang kurang dari 3 kali seminggu. Sembelit berkepanjangan dapat menyebabkan beberapa komplikasi kesehatan seperti perut bengkak, wasir, fisura anus, dan dubur prolaps.

Untuk menghindari efek samping tersebut, Anda bisa mulai untuk melakukan hal-hal yang dapat meredakan konstipasi seperti banyak minum air putih, olahraga, yoga, meditasi, serta mengonsumsi makanan sehat. Berbicara makan sehat, berikut ini merupakan 5 makanan yang bisa membantu Anda meredakan konstipasi, seperti yang dilansir Okezone dari laman Boldsky pada Selasa (25/8/2020).

 pisang

1. Pisang

Pisang kaya akan kalium dan elektrolit, ini membantu memulihkan kesehatan pencernaan. Buah-buahan ini efektif dalam mengobati masalah lambung karena membantu memulihkan fungsi usus dan mengobati diare. Konsultasilah satu buah pisang utuh jika Anda kesulitan ke kamar mandi di pagi hari.

2. Jeruk

Buah jeruk seperti jeruk memiliki banyak vitamin C dan serat pelunak feses. Jeruk juga mengandung naringenin, flavonoid yang dapat bekerja sebagai pencahar, yang membuat bab Anda jadi lancar.

3. Raspberry

Raspberry dapat membantu meningkatkan kotoran Anda untuk membantu makanan bergerak dengan lancar melalui sistem pencernaan. uah beri ini juga membantu meningkatkan pencernaan Anda.

4. Kiwi

Kandungan serat dan air yang tinggi pada kiwi menjadikannya buah yang sangat baik untuk melancarkan buang air besar. Selain itu, kiwi adalah obat pencahar yang sangat baik dan menyebabkan pembentukan tinja yang lebih besar dan lembut.

 Baca juga: Ketika Marion Jola Pakai Baju Samaan dengan Awkarin hingga Luna Maya

5. Apel

Mengkonsumsi apel dapat membantu meredakan sembelit karena adanya serat pektin, yang dapat membantu mempercepat pergerakan tinja melalui usus, memperbaiki gejala sembelit.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini