Lagi Dapet? Ada 5 Makanan untuk Cegah Nyeri Haid Loh

Mayang Magdalena Bengi, Jurnalis · Selasa 25 Agustus 2020 17:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 25 298 2267294 lagi-dapet-ada-5-makanan-untuk-cegah-nyeri-haid-loh-czENmpmbbI.jpg Ilustrasi. (Foto: Bustle)

BEBERAPA wanita mungkin mengalami nyeri haid yang tak tertahankan. Ini disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Menjaga pola makan dan diet seimbang yang sehat dengan hidrasi dan nutrisi yang cukup adalah strategi yang harus diikuti selama menstruasi.

Menstruasi dialami semua wanita dari remaja hingga menopause. Nyeri hadi ditandai dengan tingkat gejala umum, seperti kram, kembung, gangguan pencernaan, payudara berat, mual, kehilangan nafsu makan, dan lainnya. Anda bisa mencoba makanan sehat ini untuk megatasinya.

Dilansir Okezone dari FoodNDTV, ini dia lima makanan yang bisa mencegah timbulnya nyeri haid. Simak yuk, Ladies!

1. Biji-bijian

gandum

Gandum, oat dan beras merah adalah pilihan makanan yang baik dikonsumsi saat haid. Makanan ini mengandung serat untuk mencegah sembelit dan juga sumber vitamin B dan kaya antioksidan.

Baca Juga: Liburan ke Labuan Bajo, Asyiknya Salmafina Sunan Berjemur Pakai Bikini

2. Susu


Minumlah susu rendah lemak saat haid. Manfaatnya dapat mencegah gangguan pencernaan. Ya, selama haid Anda bisa saja mengalami gangguan pencernaan yang makin mengganggi kenyamanan. Karenanya mengonsumsi susu dapat menambahkan probiotik dan kalsium, sehingga akan membantu mengatasi kram. 

3. Kacang-kacangan

Protein sehat dari polong-polongan, kacang-kacangan, biji-bijian, terutama rami dan chia dan salmon menyediakan fitonutrien dan omega-3. Nutrisi ini dibutuhkan untuk menebus kehilangan darah selama haid.

4. Sayuran

sayuran

Perbanyak makan sayuran, terutama yang berdaun hijau saat haid. Fungsinya dapat menambah serat dan menyediakan zat besi untuk mengatasi kehilangan darah. Sayuran juga memberikan antioksidan penting untuk menjaga tubuh bebas stres

5. Buah

Makan buah juga jangan dilupakan selama haid loh. Karena bisa menambah vitamin dan antioksidan. Nah, buah utuh lebih baik daripada ju,  karena jus dapat menyebabkan kembung karena kelebihan gula dan tidak mengandung serat. Namun jus seperti air lemon segar dan air kelapa ternyata baik untuk hidrasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini