Kulit Kering, Coba Atasi dengan 5 Cara Ini

Anabel Lerric, Jurnalis · Selasa 25 Agustus 2020 10:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 25 611 2266981 kulit-kering-coba-atasi-dengan-5-cara-ini-ANU7NNgmL5.jpg Merawat kulit (Foto: NY Chiropractic)

Kulit kering adalah kondisi di mana kulit tidak dapat mempertahankan kelembapannya atau memiliki tingkat produksi sebum yang rendah. Bisa jadi terjadi secara alami atau karena faktor lingkungan yang berbeda.

Hal ini bisa menjadi masalah sebab kulit kering bisa jadi bersisik dan mengelupas. Akibatnya kalau bedakan jadi tak rata.

Oleh karena itu perlu beberapa perawatan untuk mengatasi kulit yang kering agar tetap lembab. Berikut tips merawat kulit yang kering, dilansir Okezone dari Style Craze.

 merawat kulit

1. Atur waktu mandi

Pastikan setiap hari waktu yang dibutuhkan untuk mandi tidak terlalu lama. Bersamaan dengan ini, pastikan untuk mandi dengan air hangat karena terlalu banyak air panas pada kulit dapat mengeringkan minyak alami, sehingga langsung mengeringkan kulit. Disarankan untuk menggunakan sabun muka yang lembut karena akan membantu mengurangi risiko pengupasan kelembaban.

2. Perawatan usai mandi

Usai mandi jangan pernah menggosok diri Anda dengan handuk hingga kering, melainkan tepuk-tepuk hingga kering. Ini akan membantu Anda menjaga kulit tetap lembut dan kenyal, membantu Anda mengurangi risiko iritasi kulit.

Segera setelah Anda keluar dari bak mandi, pastikan untuk melembabkannya. Pelembab tidak menambah kelembaban pada kulit Anda, namun ini membantu kulit Anda mempertahankan air yang sudah ada di dalamnya. Jadi setelah mandi adalah waktu terbaik untuk menggunakan lotion.

3. Memilih lotion yang benar

Pastikan lotion pelembab yang Anda gunakan memiliki bahan yang ramah kulit kering seperti dimetikon, yaitu silikon yang membuat kelembaban terperangkap. Asam hialuronat, minyak mineral, serta petroleum jelly diklaim sebagai bahan yang ramah kulit.

4. Jangan menggunakan anti-aging

Produk anti-penuaan dilarang keras untuk kulit kering. Namun, jika Anda menggunakannya, pastikan bebas retinoid atau AHA, karena bahan ini dianggap sangat mengiritasi kulit kering.

5. Scrub juga bibir Anda

Bibir sangat rentan pecah-pecah, jadi gunakan scrub bibir untuk mengelupas dan menutrisi bibir Anda. Bahkan scrub bibir buatan sendiri dengan gula dan lemon juga bagus. Gunakan lip balm yang bagus dan aplikasikan setiap beberapa jam.

 Baca juga: Ketika Marion Jola Pakai Baju Samaan dengan Awkarin hingga Luna Maya

Pastikan Anda melindungi bibir dari debu, polusi, dan angin musim dingin yang deras. Itu adalah alasan paling umum yang membuat bibir kering.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini