Jerawat Tak Kunjung Hilang, Coba Rawat dengan 5 Langkah Berikut Ini Yuk

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 25 Agustus 2020 13:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 25 611 2267123 jerawat-tak-kunjung-hilang-coba-rawat-dengan-5-langkah-berikut-ini-yuk-n2CnzSVyqm.jpg Mengatasi jerawat (Foto: Freepik)

Bagi sebagian wanita, jerawat dianggap seperti musuh. Karena jerawat memang dapat mengganggu penampilan. Bahkan, jika jerawat berada dalam keadaan parah, dapat menimbulkan rasa sakit yang mengganggu.

Untuk itu, diperlukan perawatan khusus guna meredakan jerawat serta mencegahnya timbul kembali. Melansir Boldsky pada Selasa (25/8/2020), berikut 5 langkah yang bisa Anda lakukan untuk meredakan jerawat.

 mengobati jerawat

1. Cuci wajah dengan lembut

Dengan kulit yang sangat berminyak, Anda lebih rentan berjerawat. Membasuh wajah secara rutin pun menjadi kebutuhan. Ini adalah aturan terpenting untuk mendapatkan kulit yang sehat.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2006 menemukan bahwa mencuci wajah membantu memperbaiki lesi jerawat. Bersihkan kulit Anda dua kali sehari, sekali di pagi hari dan sekali di malam hari dengan pembersih lembut dan keringkan.

Meskipun mencuci kulit wajah setiap hari adalah suatu keharusan, namun Anda tidak boleh melakukannya secara obsesif. Jika Anda membasuh wajah dengan kasar, hal itu hanya akan membuat kulit Anda kering dan menyebabkan lebih banyak jerawat.

 

2. Biasakan Eksfoliasi

Pori-pori yang tersumbat merupakan salah satu penyebab utama munculnya jerawat. Minyak berlebih, kotoran, dan penumpukan bahan kimia mengendap di pori-pori kulit Anda yang menyumbatnya hingga menyebabkan jerawat. Mengelupas kulit Anda secara teratur membantu membuka pori-pori kulit yang tersumbat sehingga kulit Anda bersih dan sehat.

Jika Anda ingin menghilangkan jerawat, biasakan melakukan pengelupasan kulit. Namun, pengelupasan kulit yang berlebihan dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan sobekan kecil pada kulit. Jadi, lakukan eksfoliasi kulit Anda dua kali seminggu dan berhati-hatilah agar tidak berlebihan.

3. Ganti Handuk Wajah Anda Secara Teratur

Kuman penyebab jerawat bisa datang dari tempat yang tak terduga. Handuk wajah Anda, misalnya, bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri berbahaya. Jika Anda memikirkannya, dengan menggunakan handuk wajah yang belum dicuci setiap hari dan melakukan aktivitas paling sederhana seperti menyeka wajah, Anda mengekspos kulit Anda dari bakteri paling merusak yang pernah ada. Sebaiknya, ganti handuk muka setiap seminggu sekali.

4. Memilih produk non-komedogenik

Banyak dari kita bahkan tidak menyadari bahwa jerawat juga dapat ditimbulkan oleh produk perawatan kulit. Ada banyak bahan dalam produk perawatan kulit atau riasan Anda yang bersifat komedogenik dan menyumbat pori-pori kulit Anda.

Menggunakan produk ini hampir setiap hari membuat kulit Anda rentan berjerawat. Luangkan waktu selama 5 menit saat membeli produk untuk memastikan produk tersebut non komedogenik.

Baca juga: Ketika Marion Jola Pakai Baju Samaan dengan Awkarin hingga Luna Maya

5. Jangan pakai makeup dalam waktu lama

Baik Anda yang memiliki kulit yang berjerawat atau tidak, Anda harus sangat berhati-hati tentang berapa lama Anda akan mempertahankan makeup. Riasan yang dikenakan selama berjam-jam dapat menyumbat pori-pori kulit dan mencemari kulit Anda sehingga menyebabkan jerawat. Lalu, jangan tidur dengan riasan jika ingin kulit bebas jerawat.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini