Wow, Kota Ini Punya Penutup Gorong-Gorong Canggih Bergambar Anime yang Bisa Menyala

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 25 Agustus 2020 16:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 25 612 2267236 wow-kota-ini-punya-penutup-gorong-gorong-canggih-bergambar-anime-yang-bisa-menyala-n3sHfohwuz.jpg Penutup gorong-gorong canggih (Foto: Oddity Central)

Pihak berwenang di Tokorozawa yang merupakan salah satu kota yang terletak di utara Tokyo, belum lama ini meluncurkan 27 penutup gorong-gorong berteknologi tinggi. Penutup gorong-gorong ini memiliki lampu LED dan gambar yang tidak biasa. Gambar yang hadir pada penutup gorong-gorong tersebut terinspirasi dari anime populer.

Sekadar informasi pihak berwenang Tokorozawa sengaja melakukan hal ini untuk meningkatkan citra sistem pembuangan lokal. selain itu hal ini juga dilakukan untuk mencegah kejahatan di malam hari pada jalan utama Tokorozawa. Alhasil Departemen Pengairan dan Pembuangan Limbah Kota memasang 27 penutup gorong-gorong dengan lampu LED bertenaga surya.

 penutup gorong-gorong canggih

Penutup gorong-gorong tersebut baru dipasang pada 1 Agustus 2020 dan menjadi yang pertama di Jepang dengan fitur pencahayaan LED. Kabarnya penutup gorong-gorong atau biasa disebut dengan manhole ini sudah menjadi bagian penting dari budaya Jepang.

Melansir dari Oddity Central, Senin (24/8/2020), bentuk seni yang unik pada manhole sebenarnya dapat ditelusuri kembali pada 1980-an ketika kota-kota di Jepang mulai membuat sampul khusus dengan desain yang terinspirasi oleh identitas budaya wilayah seperti mitologi, sejarah, budaya dan lainnya.

Selama bertahun-tahun seni manhole tersebut berevolusi untuk memasukkan elemen budaya modern seperti karakter anime dan maskot lokal. Oleh sebab itu Tokorozowa juga telah memasukan teknologi ke dalam benda tersebut.

Layar LED penutup gorong-gorong dilaporkan menyala otomatis pada pukul 17.00 dan tetap menyala sampai pukul 02.00 dini hari.

 Baca juga: Ketika Marion Jola Pakai Baju Samaan dengan Awkarin hingga Luna Maya

Kabarnya 27 tutup gorong-gorong ini terinspirasi oleh beberapa serial anime yang populer di dunia. beberapa diantaranya adalah Neon Genesis Evangelion, Gundam dan Kino's Journey.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini