Korban Terus Meningkat, Simak 5 Tips Keluar Rumah saat Pandemi Covid-15

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 25 Agustus 2020 19:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 25 612 2267334 korban-terus-meningkat-simak-5-tips-keluar-rumah-saat-pandemi-covid-15-PygsHigDWy.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PANDEMI virus corona Covid-19 membuat masyarakat harus berhati-hati saat melakukan aktivitas di luar rumah. Salah satunya saat ingin mencari hiburan dengan bermain di taman. Meski terlihat aman namun ada beberapa hal yang harus Anda waspadai untuk mencegah penularan penyakit.

Merangkum dari Fatherly, berikut lima hal yang harus Anda hindari saat bermain di luar rumah agar terhindari dari Covid-19. Yuk disimak.

Hindari taman bermain

Meskipun saat ini taman bermain relatif kosong karena banyak masyarakat yang memilih untuk berada di dalam rumah, namun taman bermain umum ini memiliki banyak risiko. Covid-19 dapat bertahan di permukaan plastik dan logam keras dan hidup selama berhari-hari. Oleh sebab itu menghindari benda yang ada di fasilitas publik adalah pilihan yang paling tepat.

Pergi ke tempat sepi

Pergi ke lingkungan terbuka seorang diri adalah pilihan terbaik yang bisa dilakukan. Anda bisa mendaki bukit, ke pantai yang sepi atau ke lapangan terbuka yang jarang terdapat orang. Yang terpenting, dalam poin ini adalah kunjungi taman yang sepi untuk menghindari keramaian.

Jauhi hewan sementara

Selain melakukan social distancing dengan sesama manusia, masyarakat juga dihimbau untuk melakukan social distancing dengan para hewan yang ada di sekelilingnya. Contohnya adalah dengan tidak membelai hewan seperti anjing, kucing dan lainnya. Pasalnya bulu pada anjing dapat membawa virus Covid-19 dan akan berisiko apabila dibelai.

Waspada terhadap droplet

Covid-19 dapat menyebar melalui udara. virus menyebar melalui tetesan lendir dan liur yang berterbangan saat batuk dan bersin. tetesan yang berukuran lebih besar dari 5 mikron, cenderung bergerak sejauh 2 meter sebelum jatuh ke permukaan. Namun pada tetesan yang lebih kecil, maka mereka bisa bertahan di udara selama tiga jam lamanya.

Main di rumah

Jika Anda memiliki halaman rumah yang cukup besar, maka mereka adalah sahabat terbaik yang bisa Anda miliki saat ini. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas dengan aman dan nyaman tanpa harus khawatir terinfeksi oleh penyakit. Meski demikian, selalu waspada terhadap hal berbahaya yang tidak terbayangkan sebelumnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini