5 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Dapatkan Rahim Kuat

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 26 Agustus 2020 20:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 26 196 2268035 5-hal-yang-bisa-dilakukan-untuk-dapatkan-rahim-kuat-T85QvFvE3b.jpg Makanan sehat (Foto: Pixabay)

Beberapa perempuan memiliki masalah dengan rahimnya pada masa kehamilan. Banyak dari mereka yang mengalami lemah rahim dan memicu meningkatnya risiko histerektomi dan operasi caesar pada saat persalinan.

Meski demikian, kondisi ini dapat dicegah dengan kebiasaan hidup sehat yang diterapkan oleh sang ibu. Merangkum dari The Health Site, Rabu (26/8/2020), berikut 5 langkah sederhana untuk membentuk rahim yang kuat.

 toilet

1. Jangan menahan buang air besar atau kecil

Menahan bahan buang air kecil dan besar dapat mengakibatkan infeksi di daerah vagina dan panggul karena penumpukan racun. Jika racun ini tinggal di sistem reproduksi terlalu lama, maka akan diserap kembali oleh tubuh dan menyebabkan penyakit.

Kandung kemih atau aliran usus yang membesar secara teratur juga dapat menyebabkan tekanan yang tidak semestinya menumpuk di rahim, dan dapat bergeser keluar dari posisinya.

2. Hindari duduk dalam waktu lama

Duduk terlalu lama dapat mengganggu sirkulasi darah dan energi yang sehat di daerah panggul. Kondisi ini akan menyebabkan dinding rahim menjadi lebih tebal dan meningkatkan kemungkinan terjadinya endometriosis (pembentukan adhesi dan jaringan parut).

3. Dapatkan nutrisi yang tepat

Cara terbaik untuk mendapatkan rahim yang sehat adalah dengan menjamin pola makan yang bergizi. Asam folat dan betakaroten adalah dua nutrisi terpenting yang dibutuhkan wanita untuk menjaga kesehatan rahim.

 Baca juga: Viral, Perempuan Ini Ubah Kucingnya Jadi Pikachu

Waktu terbaik untuk penyerapan nutrisi ini adalah di pagi hari, jadi penting untuk menyantapnya untuk sarapan pagi.

4. Konsumsi minuman tonik dari delima dan kembang sepatu

Minuman yang terbuat dari delima dan kembang sepatu sangat bagus untuk kesehatan rahim. Ambil 20-50 kuncup bunga Hibiscus dan keringkan di bawah sinar matahari. Giling dan simpan bunga dalam wadah kedap udara.

Ambil satu sendok teh bubuk kering dengan secangkir jus delima. Campuran keduangan adalah tonik rahim yang sangat baik dan juga obat alami yang bagus untuk anemia.

5. Sinkronkan pola tidur untuk mengatur siklus menstruasi

Usahakan untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan di akhir pekan. Hormon tidur dan bangun manusia memiliki dampak signifikan pada hormon reproduksi. Oleh sebab itu sangat penting menjaga keseimbangan untuk menjaga rahim, supaya mereka dapat berfungsi tanpa hambatan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini