4 Manfaat Jahe bagi Kesehatan, Apa Saja?

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 26 Agustus 2020 21:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 26 298 2268071 4-manfaat-jahe-bagi-kesehatan-apa-saja-q9qiHNr0S5.jpg Jahe (Foto: Vegetarian Times)

Jahe merupakan bumbu dapur sekaligus bahan jamu yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Makanya tak heran kalau jahe selalu menjadi salah satu bumbu wajib di dapur.

Nah, apa saja sih manfaat jahe bagi kesehatan tubuh. Okezone telah merangkum berbagai manfaat jahe bagi kesehatan kamu. Apa saja?

 jahe

1. Mencegah penyakit kanker dan tanda-tanda penuaan

Jahe juga mengandung antioksidan yang berfungsi melindungi tubuh dari kanker, terutama kanker ovarium. Selain itu, antioksidan dipercaya dapat melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas yang memengaruhi produksi kolagen. Dengan kata lain, Anda akan terlihat lebih muda.

2. Membuat kulit lebih bercahaya

Jahe mengandung zat yang dikenal dengan sebutan gingerol yang dapat meredam peradangan dan mematikan senyawa penyebab rasa sakit di dalam tubuh. Selain itu, sifat anti-infilmasi jahe juga dapat membantu menyembuhkan iritasi kulit. Sebuah penelitian bahkan menemukan bahwa tikus yang mengonsumsi kurkumin dan jahe diklaim dapat membantu memperbaiki penampilan kulit mereka, dan menyembuhkan luka lebih cepat.

3. Menyembuhkan demam

Kandungan gingerol pada jahe dipercaya ampuh melawan peradangan dan memiliki sifat antimikroba dan antijamur yang membantu melawan infeksi, menyembuhkan demam, serta meningkatkan kekebalan tubuh. Jika kamu atau keluargamu demam, obati saja dengan jahe. Caranya, campurkan air panas dengan dua sendok makan jahe parut segar, tambahkan jus lemon dan setengah sendok makan madu. Aduk hingga rata, lalu masukkan bumbu tersebat ke dalam sup ayam. Sup bercampur jahe siap dikonsumsi.

 Baca juga: Viral, Perempuan Ini Ubah Kucingnya Jadi Pikachu

4. Turunkan kolesterol jahat

Jahe dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Seperti diketahui, LDL sering dikaitkan sebagai salah satu faktor pemicu timbulnya penyakit jantung. Selain itu, sifat alami jahe yang dapat mengencerkan gumpalan darah, membuat tanaman herbal ini menjadi obat terbaik untuk mencegah stroke.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini