Agar Janin Kuat, Ibu Hamil Bisa Konsumsi 5 Makanan Ini

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 26 Agustus 2020 12:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 26 481 2267665 agar-janin-kuat-ibu-hamil-bisa-konsumsi-5-makanan-ini-oaPJrknLQi.jpg Ilustrasi. (Freepik)

MASA kehamilan adalah waktu untuk menjaga asupan nutrisi dengan tepat. Terlebih banyak makanan sehat yang bisa buat janin kuat berkembang di rahim.

Untuk menjaga asupan nutrisi, vitamin dan mineral diperlukan untuk membentuk pertumbuhan janin kuat di dalam perut. Nah, menyusun rencana makan sehat adalah pilihan terbaik yang bisa dilakukan.

Anda bisa fokus mengonsumsi makanan yang memberi jumlah nutrisi lebih tinggi yang dibutuhkan seperti protein, vitamin, mineral, jenis lemak yang sehat, karbohidrat kompleks, serat dan cairan. Merangkum dari Healthline, Rabu (26/8/2020), berikut lima makanan terbaik untuk ibu hamil agar janin kuat selama 9 bulan.

Baca Juga: Liburan ke Labuan Bajo, Asyiknya Salmafina Sunan Berjemur Pakai Bikini

1. Produk susu

keju

Selama kehamilan, seorang ibu perlu mengonsumsi protein dan kalsium ekstra untuk memenuhi kebutuhan si kecil yang sedang tumbuh. Produk susu seperti susu, keju, dan yogurt adalah makanan yang wajib dikonsumsi.

Produk susu mengandung dua jenis protein berkualitas tinggi yakni kasein dan whey. Produk susu adalah sumber kalsium makanan terbaik, dan menyediakan fosfor, vitamin B, magnesium, dan seng dalam jumlah tinggi.

2. Kacang-kacangan

Kelompok makanan ini adalah lentil, kacang polong, buncis, kedelai, dan kacang tanah. Kacang-kacangan adalah sumber serat, protein, zat besi, folat, dan kalsium nabati yang bagus dan dibutuhkan tubuh Anda selama kehamilan.

Folat adalah salah satu vitamin B (B9) yang paling penting. Vitamin ini sangat penting bagi perkembangan Anda dan bayi, terutama selama trimester pertama kehamilan atau bahkan sebelumnya.

3. Ubi jalar

Ubi jalar tidak hanya enak, namun mereka juga kaya akan beta karoten. Beta karoten adalah senyawa tanaman yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh manusia. Vitamin A penting untuk perkembangan bayi.

Meski demikian Anda juga harus berhati-hati dengan sumber vitamin A hewani yang berlebihan seperti jeroan. Pasalnya makanan tersebut yang dapat menyebabkan toksisitas jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

4. Salmon

salmon

Salmon kaya akan asam lemak omega-3 esensial yang memiliki banyak manfaat. Kandungan ini ditemukan dalam jumlah tinggi dalam makanan laut. Fungsinya untuk membantu membangun otak dan mata bayi. Asam lemak omega-3 bahkan dapat membantu meningkatkan panjang kehamilan.

5. Telur

Telur berukuran besar mengandung sekira 80 kalori, protein berkualitas tinggi, lemak, dan banyak vitamin dan mineral. Telur adalah sumber kolin yang bagus, nutrisi penting selama kehamilan.

Kandungan dalam telur penting untuk perkembangan otak bayi dan membantu mencegah kelainan perkembangan otak dan tulang belakang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini