Cek Fakta, Bulu Halus Wajah saat Hamil Rontok Usai Melahirkan?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 26 Agustus 2020 18:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 26 481 2267958 cek-fakta-bulu-halus-wajah-saat-hamil-rontok-usai-melahirkan-LfXelzcNaX.jpg Ibu menyusui (Foto : Momjunction)

Banyak kekhawatiran yang muncul saat kehamilan terjadi. Bukan hanya soal kecukupan gizi si ibu maupun jabang bayi, tapi juga masalah estetika. Ya, sadar atau tidak ibu hamil itu biasanya mengalami yang namanya pertumbuhan bulu halus yang cukup banyak di area wajah.

Mungkin tidak semua ibu hamil mengalaminya, tetapi bagi Anda yang sudah punya bakat bulu halus di wajah, kondisi tersebut akan meningkatkan kemungkinan munculnya bulu halus yang tampak di wajah.

Kenapa hal itu bisa terjadi dan apakah solusi terbaiknya adalah sering-sering mencukur?

Diterangkan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Klinik Bamed dr Vita Siphra Sirait, Sp.DV, area tumbuhnya bulu halus yang banyak dialami ibu hamil itu antara lain perut, wajah, maupun pungung. Namun, bulu halus ini bisa diraba saat Anda menyentuhnya.

Ibu Menyusui

"Kondisi tumbuhnya bulu halus di wajah, punggung, atau perut, itu karena peningkatan hormon estrogen saat hamil. Jadi, ya, jangan kaget kalau Anda hamil, banyak bulu halus muncul di tubuh Anda," terang dr Vita pada Webinar Bamed Healthcare, Rabu (26/8/2020).

Kalau bulu halus sudah muncul, banyak dari ibu hamil yang mungkin kurang percaya diri karena bulu-bulu tersebut tak bisa dimanipulasi dengan makeup. Tapi, yang harus diketahui seluruh perempuan atau ibu hamil, kondisi munculnya bulu halus itu tidak akan menetap selamanya, alias bisa hilang.

Baca Juga : Uh, Maria Vania Basah-Basahan di Kolam Renang Demi Punya Perut Rata

Momen hilangnya itu kebanyakan terjadi saat kelahiran sudah terjadi. "Jadi, jangan khawatir, bulu-bulu halus itu akan rontok dengan sendirinya setelah Anda melahirkan," tambahnya.

Sementara itu, apakah boleh rambut halus itu dicukur? Dokter Vita menjawab, sebaiknya tidak usah dicukur. Sebab, itu akan menambah masalah baru yaitu terjadinya iritasi jika saat mencukur area kulit tergoreng pisau cukurnya.

"Kalau menurut saya, ya, jangan dicukur. Kalau masih bisa dimanipulasi dengan makeup, Anda bisa lakukan. Kalaupun enggak bisa, ya, rambut halus itu akan rontok dengan sendirinya usai melahirkan," pungkas.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini