Share

Bayi Mona Ratuliu Terkena Eksim Kulit, Bagaimana Cara Menyembuhkannya?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 26 Agustus 2020 19:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 26 481 2267965 bayi-mona-ratuliu-terkena-eksim-kulit-bagaimana-cara-menyembuhkannya-sxnNB45nwA.jpg (Foto: @monaratuliu/Instagram)

Selebriti Mona Ratuliu belum lama ini mengunggah foto bayinya tengah mengalami kondisi masalah kulit. Di keterangan foto, Mona menyatakan kalau bayinya tersebut mengalami kulit eksim atau dalam dunia medis disebut Dermatitis Atopik.

Penyakit itu banyak dialami bayi, salah satu penyebabnya adalah alergi. Mona Ratuliu pun menjelaskan kalau eksim yang dialami bayinya disebabkan alergi keturunan. Dia pun tidak kaget dengan kondisi yang dialami bayinya tersebut.

Nah, Mona menuliskan keterangan bahwa eksim itu tidak ada obatnya. Tapi, kondisinya bisa diperbaiki dengan mencari sumber alergi si bayi. "Masalahnya, tiap anak alerginya bisa berbeda, jadi enggak bisa nyontek tetangga sebelah," terang Mona di Instagram.

Selain mencari tahu sumber alergi, Mona pun menjalankan SOP standar untuk alergi, seperti menjauhi anaknya dari barang-barang yang jadi pemicu tersimpannya debu, cari sabun dan lotion yang paling cocok sama kulit bayi. Tidak hanya itu, urusan ASI pun jadi perhatian lainnya.

"Bundanya, kalau kasih ASI, sementara hindari seafood, telur, dan produk yang mengandung susu dan keju," tambahnya.

 
Selebriti Mona Ratuliu belum lama ini mengunggah foto bayinya tengah mengalami kondisi masalah kulit.

Berkaca dari kasus Mona Ratuliu, penyakit eksim atau peradangan pada kulit memang jadi masalah banyak bayi. Tapi, benar yang dijelaskan Mona bahwa orangtua jangan panik tapi tetap harus segera melakukan observasi sumber alergi dan menjalankan tindakan yang bisa meminimalisir terjadinya alergi.

Terkait dengan solusi yang bisa dilakukan, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Klinik Bamed dr Sonia Hanifati, SpDV, orangtua bisa menggunakan lotion pelembap bayi yang ada di pasaran. "Tapi, sebisa mungkin yang tidak mengandung pewangi atau non-fragrance," tuturnya pada Okezone di Webinar Bamed Healthcare, Rabu (26/8/2020).

 
Baca juga: Kabar Baik, Penambahan Kasus Covid-19 di Indonesia Cenderung Menurun!

Lotion pelembap menjadi penting, sambung dr Sonia, karena pada dasarnya eksim muncul karena kulit kehilangan kelembapan tubuhnya secara ekstrem. Sehingga, solusi yang bisa dilakukan adalah memberikan kulit bayi moisturizer yang tentunya cocok untuk bayinya.

Ada hal yang mesti diperhatikan oleh orangtua terkait dengan penggunaan minyak, seperti minyak telon atau minyak kayu putih. Dokter Sonia menjelaskan bahwa penggunaan minyak jenis itu pada kondisi eksim tidak disarankan.

"Jangan pakaikan bayi dengan kondisi eksim minyak-minyakan karena punya risiko iritasi dan kekambuhan. Jadi, pakaikan saja bayi lotion pelembap. Lalu, baju bayi cukup dicuci pakai deterjen, jangan ditambahin tuh yang namanya pewangi atau pelembut," pungkasnya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini