Hindari Konsumsi 5 Makanan Ini saat Hamil, Bisa Bikin Keguguran

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 26 Agustus 2020 21:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 26 481 2268047 hindari-konsumsi-5-makanan-ini-saat-hamil-bisa-bikin-keguguran-8RA6b90WEJ.jpg Buah nanas (Foto: Pixabay)

 Keguguran menjadi salah satu tantangan terbesar yang dialami oleh para ibu hamil. Trimester pertama adalah masa paling berisiko dan diketahui sebanyak 15 persen ibu hamil mengalami keguguran pada masa ini.

Memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi sangatlah penting karena ada beberapa makanan yang dianggap sebagai pemicu keguguran. Melansir dari First Cry Parenting, Rabu (26/8/2020), berikut lima makanan yang wajib dihindari saat hamil.

 nanas

1. Nanas

Nanas mengandung bromelain, yang melembutkan serviks dan memulai kontraksi persalinan sebelum waktunya yang dapat mengakibatkan keguguran.

Wanita hamil dapat mengonsumsi nanas dalam jumlah sedang selama tahap awal kehamilan. Ketika nanas dikonsumsi dalam jumlah banyak 7 sampai 10 potong secara utuh maka bisa menyebabkan pendarahan.

2. Kepiting

Meskipun kepiting merupakan sumber kalsium yang kaya, mereka juga mengandung kolesterol tingkat tinggi. Hal ini dapat menyebabkan penyusutan rahim dan menyebabkan perdarahan internal dan keguguran. Disarankan untuk tidak memakan ini selama masa kehamilan.

 Baca juga: Viral, Perempuan Ini Ubah Kucingnya Jadi Pikachu

3. Biji wijen

Wanita hamil sebaiknya tak mengkonsumsi biji wijen meski dalam jumlah sedikit. Biji wijen, baik yang berwarna hitam atau putih, bila dikonsumsi bersama madu, bisa menimbulkan masalah pada masa awal kehamilan.

 

4. Hati hewan

Hati hewan penuh dengan vitamin A. Jadi, mengonsumsinya sebanyak dua kali sebulan tidaklah berbahaya dan tidak menyebabkan keguguran.

Namun, jika dikonsumsi dalam jumlah banyak oleh wanita hamil, kebiasaan itu akan meningkatkan akumulasi retinol secara bertahap yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan bayi.

5. Lidah buaya

Lidah buaya dikenal karena memiliki banyak manfaat kesehatan. Namun wanita hamil dilarang mengonsumsi makanan yang satu ini karena lidah buaya terdiri dari antrakuinon, sejenis obat pencahar yang menyebabkan kontraksi rahim dan pendarahan panggul.

Jika ibu hamil mengonsumsinya maka akan menyebabkan keguguran. Namun jika gel lidah buaya dioleskan ke wajah, maka hal tersebut tidak berbahaya selama kehamilan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini