5 Cara Mudah Wajah Bebas Jerawat Efek Pakai Masker

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 26 Agustus 2020 20:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 26 611 2268031 5-cara-mudah-wajah-bebas-jerawat-efek-pakai-masker-tZqYjNhKdg.jpg Wajah bebas jerawat meski pakai masker (Foto : Medicaldaily)

Masalah kulit saat pandemi yang paling banyak terjadi adalah Mascne atau jerawat karena masker. Kondisi ini banyak sekali dikeluhkan masyarakat, meski begitu pakai masker tetap menjadi keharusan sebagai bentuk pencegahan terpapar virus corona.

Mascne sendiri terjadi karena kulit wajah menjadi lebih lembap dari biasanya karena kulit tertutup masker pada durasi yang panjang. Saat kulit wajah tertutup masker, perkembangan bakteri yang terjadi karena pori-pori tertutupi kelembapan menjadi semakin masif. Alhasil jerawat pun muncul.

Nah, untuk meminimalisir risiko jerawatan karena menggunakan masker, ada beberapa langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan. Diterangkan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dr Sonia Hanifati, Sp.DV, ada 5 solusi yang bisa Anda lakukan, apa saja?

1. Ganti masker per 4 jam

Masker

Seperti informasi yang sudah banyak diketahui masyarakat, satu masker itu hanya efektif melindungi selama 4 jam. Nah, ini pun berkaitan dengan kebersihan kulit wajah.

Semakin lama Anda menggunakan masker yang sama, maka semakin tinggi risiko bakteri berkembang biak di balik masker. Bagaimana pun, masker terpapar kotoran, termasuk kuman, dan jika dibiarkan lama menempel di kulit wajah, akan berdampak pada masalah mascne.

Baca Juga : Uh, Maria Vania Basah-Basahan di Kolam Renang Demi Punya Perut Rata

2. Pilih masker berbahan katun atau sutera

Masker berbahan katun atau sutera direkomendasikan untuk menjamin Anda bebas dari paparan droplet di luar ruangan ataupun menjaga kebersihan kulit wajah. Dua bahan ini pun memastikan kulit Anda masih bisa 'bernapas' meski tetap harus ganti setiap 4 jam sekali, ya.

3. Cuci masker jangan pakai pelembut atau pengharum pakaian

Ini menjadi bumerang untuk Anda. Sebab, memang tujuannya supaya Anda nyaman menggunakan masker, tetapi ada risiko bagi mereka yang kulit wajahnya sensitif. Karena itu, cukup cuci masker kain Anda dengan deterjen. Jangan juga menambahkan antibakteri atau disinfektan sata mencuci masker, ya.

4. Makeup tipis

Bagi Anda yang tetap harus beraktivitas di luar rumah dan dituntut untuk tetap merias wajah, dr Sonia merekomendasikan Anda supaya pakai makeup jangan terlalu tebal. Ini menjadi penting supaya kulit Anda tidak bermasalah.

"Makeup yang light (tipis) itu memastikan pori-pori tidak tersumbat sehingga kulit terjaga kesehatannya. Untuk pilihan makeup, buat Anda yang biasa pakai foundation, untuk sekarang cukup pakai baby cream, atau kosmetik lainnya yang tidak terlalu bold," terang dr Sonia saat Webinar Bamed Healthcare, Rabu (26/8/2020).

Saat membersihkan wajah pun usahakan untuk menerapkan double cleansing supaya wajah benar-benar bersih dari kotoran maupun makeup yang menempel di wajah.

Masker

5. No-layering skincare

Ini pun harus diperhatikan oleh masyarakat yang aktif di luar rumah saat pandemi. Skincare yang terlalu tebal pun tidak baik, karena ujung-ujungnya hanya akan menutup pori-pori dan meningkatkan risiko masalah kulit.

"Jadi, pakai skincare tidak masalah, tapi tidak terlalu banyak layering, ya. Anda cukup pakai skincare yang efektif saja, ya, minimal moisturizer dan sunscreen," tuturnya.

Kalau Anda sudah terlanjur mengalami masalah kulit jerawat yang parah, dr Sonia sangat merekomendasikan untuk datang ke dokter kulit profesional supaya mendapat tindakan yang tepat dalam menyelesaikan masalah kulit Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini