Merdeka di Tengah Pandemi, Kebersamaan Jadi Semakin Erat

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 26 Agustus 2020 16:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 26 612 2267853 merdeka-di-tengah-pandemi-kebersamaan-jadi-semakin-erat-DnMO2XTAZH.jpg Merdeka di tengah pandemi kebersamaan semakin erat (Foto : Okezone)

Indonesia baru saja merayakan hari kemerdekaannya yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus. Peringatakan hari kemerdekaan di usia yang ke 75 ini pun memiliki perbedaan yang signifikan akibat pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

Mulai dari peserta upacara dengan peserta yang sedikit agar tercipta physical distancing yang baik, lomba yang ditiadakan, hingga perayaan virtual. Namun, hal ini tak mengurangi rasa semangat baik dari masyarakat maupun pemerintah.

Hal ini dibuktikan dari peran aktif pemerintah sebagai apresiasi semangat yang dimiliki masyarakat Indonesia dengan menciptakan uang pecahan Rp75 ribu. Ini merupakan uang spesial edisi kemerdekaan yang ke 75 tahun.

Uang

Di sisi lain, semangat gotong-royong pun justru lebih erat saat pandemi Covid-19 muncul. Mulai dari pemerintah, organisasi, hingga individu berlomba-lomba untuk memberikan dukungan maupun bantuan bagi garda terdepan Covid-19 maupun masyarakat yang kehilangan pendapatan akibat pandemi ini.

Baca Juga : Liburan ke Labuan Bajo, Asyiknya Salmafina Sunan Berjemur Pakai Bikini

Bentuk bantuan yang diberikan pun beragam. Mulai dari pemberian APD untuk para tenaga medis, bantuan sembako untuk mereka yang kehilangan penghasilan, hingga volunteer tenaga pengajar untuk membantu siswa dalam memenuhi kebutuhan pendidikannya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini