Es Kopi Gula Aren Semakin Dicintai di 2020

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 27 Agustus 2020 10:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 27 298 2268171 es-kopi-gula-aren-semakin-dicintai-di-2020-7ZDbUVOjpH.jpg Ilustrasi. (Foto: Her)

BANYAK sekali kita temukan menu es kopi gula aren di banyak kedai kopi. Minuman ini bahkan sekarang punya kelasnya sendiri di kalangan pencinta kopi.

Jika dulunya gula aren ditambahkan dalam minuman khas tradisional, seperti es dawet, kini gula aren mulai dikombinasikan pada menu kopi. Ya, es kopi gula aren tentu rasanya enak dan bikin ketagihan.

Tapi bagaimana kemudian es kopi gula aren sekarang punya kelasnya di masyarakat? Lalu benarkah gula aren lebih baik daripada gula pasir biasa?

Dikatakan Lionel Hanjaya Tirta, Co-Founder and Managing Partner KISAKU, pada kenyataannya gula aren memang sesuatu yang diinginkan pasar. Saat gula jenis ini keluar di menu kopi, penikmat kopi punya ketertarikan tersendiri dan itu kenapa gula aren banyak dipakai di menu kedai kopi.

es kopo

"Gula aren itu seperti jenis biji kopi, jadi, punya ciri khas rasanya sendiri dan itu kenapa kini gula aren banyak ditemukan di menu kopi," katanya Lionel saat Media Briefing: Kolaborasi Inovatif KISAKU dan Bodum, Rabu 26 Agustus 2020.

Baca Juga: 5 Pesona Menantu Keluarga Bakrie Vannya Istarinda, Cantikan Mana Sama Nia Ramadhani?

Lionel pun tak menampik bahwa gula aren ini seperti tren yang tak bisa dipisahkan di menu kedai kopi. Hal itu karena pasar menginginkan gula aren ada di menu.

"Ya, kedai kopi bukannya ikut-ikutan, melainkan memang ada keinginan pasar di sana," tambahnya.

Tentunya, meski banyak kedai kopi menawarkan menu kombinasi gula aren, sambung Lionel, setiap kedai kopi punya rasanya sendiri. Kembali ke pemahaman di awal, itu sama saja seperti penentuan biji kopi dan pengolahannya.

"Kami ingin memberikan interpretasi berbeda dari gula aren itu sendiri yang memang sudah sangat berkarakter. Jadi, walau kedai kopi lain pun pakai gula aren, tentunya rasa minuman yang disajikan akan berbeda," ungkapnya.

Sementara itu, perlu diketahui juga bahwa semakin ke sini masyarakat semakin peduli kesehatan. Nah, gula aren jadi seperti alternatif gula yang bisa dinikmati para pemerhati kesehatan.

Bisa dikatakan, gula aren menawarkan gizi yang lebih baik dibandingkan jenis gula lainnya. Seperti diterangkan laman Well and Good, gula aren itu ternyata memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan gula putih pada umumnya. Ini berarti gula aren cocok untuk mereka yang diet rendah gula.

Meski kadar glukosanya lebih rendah dari gula putih biasa, tetap saja gula aren dapat memengaruhi kadar gula tubuh Anda. Itu kenapa, ketika minum gula aren, Anda pun tetap dapat mendapatkan energi, suasana hati yang lebih baik, pun memenuhi asupan gula harian.

"Gula aren mengandung sedikit zat besi, seng, kalsium, kalium, dan asam lemak berantai pendek," tulis laporan itu. Dikatakan juga bahwa gula aren mengandung trace mineral yang membantu memperlambat penyerapan nutrisi di tubuh. So, Anda termasuk penikmat gula ren karena ikutan tren semata atau memang mempertimbangkan nilai gizi di dalam gula aren?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini