Pandemi Covid-19, Banyak Orang Suka Buat Kopi Sendiri di Rumah

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 27 Agustus 2020 11:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 27 298 2268195 pandemi-covid-19-banyak-orang-suka-buat-kopi-sendiri-di-rumah-LETrSUOmRo.jpg Ilustrasi. (Foto: Independent)

PANDEMI Covid-19 mengubah banyak kebiasaan. Tak terkecuali minum kopi.

Ya, selama pandemi Covid-19 kebanyakan dari Anda terbiasa minum kopi sebelum memulai hari di kafe atau kedai kopi. Tapi, kebiasaan itu kini tak lagi bisa dilakukan secara leluasa, bukan begitu?

Alhasil, Anda mulai belajar meracik kopi sendiri di rumah. Sebab, bagaimana pun untuk mereka yang memiliki ketergantungan kopi, minuman kafein di pagi hari adalah keharusan.

Baca Juga: 5 Pesona Menantu Keluarga Bakrie Vannya Istarinda, Cantikan Mana Sama Nia Ramadhani?

Dari Data Tahunan Konsumsi Kopi Indonesia 2019 yang dikeluarkan Global Agricultural Information Network, juga menyebutkan bawa proyek konsumsi kopi domestik pada 2019/2020 meningkat sekira 13,9 persen. Bahkan, penikmat kopi di Indonesia itu terbanyak kelima di dunia.

es kopi

Fenomena ini pun diakui Catherine Halim, Co-Founder dan Managing Partner KISAKU. Menurutnya, karena pandemi Covid-19 semakin banyak orang yang mau repot meracik kopi ala kafe sendiri di dapur rumahnya.

"Banyak orang yang masih menghabiskan waktu di rumah dan untuk urusan minum kopi, mereka ingin racik kopi sendiri di rumah, ya, bisa dibilang mau sedikit repot buat bikin sendiri," katanya saat Media Briefing: Kolaborasi Inovasi KISAKU dan Bodum, Rabu 26 Agustus 2020.

Catherine melanjutkan, menu-menu yang coba dibuat masyarakat pun beragam. Namun, menurutnya, ada empat menu kopi yang paling banyak dilirik orang untuk dibuat di rumah.

Keempat menu tersebut ialah Iced Black yang pastinya banyak dibuat pencinta espresso. Namun, untuk mereka yang lebih suka kopi susu, maka Iced Latte itu jadi menu kopi yang juga banyak dibuat.

Lalu, karena semakin banyak orang yang suka dengan gula aren, makanya Catherine pun beranggapan bahwa menu kopi seperti Iced Kampoeng Latte jadi menu lain yang bisa dicoba di rumah dan tentunya mudah dibuatnya. Dan yang tak kalah banyak dibuat itu adalah Hot Mocha untuk mereka yang suka minuman cokelat hangat.

"Menu-menu itu tak bisa dipungkiri banyak dilirik pasar dan banyak dari mereka yang kini mau membuatnya sendiri di rumah," papar Catherine.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini