Share

Intip Cafe 'Kedai Rumah' di Tengah Perkampungan Padat yang Hits di Manado

Subhan Sabu, Jurnalis · Kamis 27 Agustus 2020 18:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 27 298 2268567 intip-cafe-kedai-rumah-di-tengah-perkampungan-padat-yang-hits-di-manado-DiUyMrkDqE.jpg (Foto: Subhan Sabu/Okezone)

MANADO - Untuk membangun usaha cafe agar ramai pengunjung, tips pertama yang harus menjadi perhatian adalah lokasi. Dengan lokasi strategis dan ramai, sangat mungkin mendapatkan banyak pelanggan.

Lokasi yang strategis dan dilewati banyak orang akan membuat daya tarik tersendiri bagi orang untuk melihat dan masuk ke dalam Cafe.

Namun tips tersebut tidak selamanya menjadi patokan. Konsep unik, kelezatan makanan serta strategi marketing yang tepat bisa jadi kiat jitu agar bisa memenangkan persaingan dalam usaha cafe meski tidak berada di lokasi strategis.

Seperti yang dilakukan oleh Rony Ilahude bersama istrinya, meski berada di kawasan pemukiman dan jauh dari pusat keramaian, dia berani membangun usaha cafe dengan memanfaatkan pekarangan rumahnya yang cukup luas.

Halaman belakang rumahnya di sulap menjadi tempat yang santai, nyaman dan asyik untuk nongkrong. Kedai Rumah, begitu dia menamakan cafenya didesain dengan konsep lesehan membuat orang nyaman untuk tinggal berlama-lama dan berbincang bersama teman.

 Ide untuk membuat Cafe Kedai Rumah sendiri lahir akibat dari dampak pandemi virus corona.

Ide untuk membuat Cafe Kedai Rumah sendiri lahir akibat dari dampak pandemi virus corona. Tradisi Rony yang setiap minggunya selalu weekend bersama keluarga di tempat-tempat wisata terpaksa terhenti akibat diperketatnya pintu keluar masuk di beberapa Kabupaten Kota di Sulawesi Utara.

Dia pun terpikir untuk memanfaatkan halaman belakang rumahnya sebagai tempat santai. Dengan berbekal konsep beberapa tempat wisata yang pernah dikunjungi, mulailah dia mendesain halaman belakang rumahnya yang berukuran 10x15 meter menjadi tempat santai sambil bercengkrama bersama keluarga.

"Sebenarnya khususnya hanya untuk keluarga, sebagai tempat istirahat atau tempat makan siang. Tapi ketika saya coba posting di media sosial, ternyata banyak teman-teman yang tertarik untuk berfoto," ujar Rony, Kamis (6/8/2020).

Memasuki cafe yang baru lima bulan berdiri itu, pengunjung disuguhi pemandangan dekorasi unik perpaduan hiasan modern dan klasik serta deretan saung menambah sensasi santai sembari menikmati makanan dan minuman khas cafe Kedai Rumah.

Selain suasananya yang menjadi keunggulan, cafe ini juga menawarkan Live Music dan free Wifi. Maka tak heran, banyak pengunjung muda-mudi maupun keluarga yang datang untuk bersantai sambil menyantap makanan atau sekedar menikmati minuman.

"Sekarangkan lagi ngetop milenial, tongkrongan, wifi gratis, jadi semua kita konsep berdasarkan klasik atau minimalis," Kata Rony.

Baca juga: Ini Alasan Kafein Berbahaya Dikonsumsi Ibu Hamil

Untuk menu makanan, Kedai Rumah menawarkan berbagai varian seperti ayam geprek rica-rica, ayam geprek iloni, nasi goreng, nasi kuning kampung, mie ceplok, pisang goreng, berbagai varian roti bakar, serta berbagai aneka minuman, mulai dari kopi teh, dan nuga saraba.

"Menu andalan yang sering dicari orang yakni ayam geprek iloni, itu ayam bakar dengan sambal santan khas gorontalo," pungkas Rony

Cafe yang beralamat di Kelurahan Malendeng Lingkungan II, Kota Manado ini buka setiap hari, kecuali hari minggu dan hari libur.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini