4 Manfaat Kunyit bagi Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 27 Agustus 2020 20:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 27 298 2268652 4-manfaat-kunyit-bagi-kesehatan-tubuh-apa-saja-f3upWlaZ9S.jpg Manfaat kunyit (Foto: Times of India)

Kunyit merupakan salah satu bahan alami yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Makanya setiap keluarga sering menyediakan kunyit di dapurnya.

Kunyit ternyata memiliki banyak manfaat. Seperti dilansir dari HealthLine ini 4 manfaat kunyit yang harus Anda ketahui.

 kunyit

1. Mencegah Alzheimer

Anda dapat mencegah penyakit Alzheimer dengan mengkonsumsi kunyit. Penyakit Alzheimer terjadi karena penumpukan protein yang disebut plak aminoid. Studi menunjukkan bahwa kurkumin dapat membantu plak ini. Selain itu, kurkumin yang ada di dalam kunyit membantu menghancurkan penghalang aliran darah di otak.

2. Meningkatkan antioksidan dalam tubuh

Kerusakan oksidatif diyakini menjadi salah satu faktor di balik penuaan dan banyak penyakit. Radikal bebas cenderung bereaksi dengan zat organik penting, seperti asam lemak, protein atau DNA. Antioksidan sangat bermanfaat bagi tubuh karena melindungi tubuh Anda dari radikal bebas. Kurkumin adalah antioksidan kuat yang dapat menetralisir radikal bebas.

3. Meningkatkan fungsi otak

Kurkumin dapat meningkatkan pertumbuhan neuron dan kadar hormon otak Anda yaitu BDNF. Banyak penyakit otak yang sering dikaitkan dengan penurunan kadar hormone ini seperti depresi dan Alzheimer. Dengan mengkonsumsi kunyit, efektif untuk menunda atau bahkan membalikkan banyak penyakit otak yang berkaitan dengan usia. Kunyit ini juga dapat meningkatkan memori dan membuat Anda lebih pintar.

 Baca juga: 5 Pesona Menantu Keluarga Bakrie Vannya Istarinda, Cantikan Mana Sama Nia Ramadhani?

4. Mengurangi risiko terkena penyakit hati  

Kurkumin dapat meningkatkan fungsi endothelium yang merupakan lapisan pembuluh darah Anda. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurkumin mengarah pada peningkatan fungsi endotelial. Satu studi menunjukkan bahwa ia bekerja sebaik obat Atorvastatin.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini