Hindari 5 Kebiasaan yang Bikin Kamu Terserang Pilek

Anabel Lerric, Jurnalis · Kamis 27 Agustus 2020 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 27 481 2268480 hindari-5-kebiasaan-yang-bikin-kamu-terserang-pilek-9b4g2Le67Q.jpg Terserang pilek (Foto: Sutter Health)

Banyak orang beranggapan bahwa pilek bukan penyakit parah. Meski demikian bukan berarti pilek tidak mengganggu aktivitasmu. Saat pilek, kamu tidak nyaman duduk lama di ruangan dingin, tidak bisa minum air dingin, atau menyantap makanan tertentu.

Pilek biasa memang bukan kondisi yang serius, namun bisa mengganggu aktivitas sehari-hari seseorang. Jika tubuh tidak fit, maka dari pilek biasa bisa menambah penyakit lain seperti batuk, bersin-bersin, sakit tenggorokan, sakit kepala, bahkan terinfekasi virus corona. Makanya jangan sampai tubuh drop.

Dilansir dari Boldsky, ternyata ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang ternyata bisa meningkatkan risiko pilek. Yuk simak.

 menjaga kebersihan tangan penting dilakukan

1. Tidak menjaga kebersihan tangan

Menjaga kebersihan tangan dengan benar adalah aturan utama dan dasar untuk tetap sehat. Ini mengurangi penggandaan mikroorganisme dan mengurangi risiko infeksi. Menurut CDC, tangan harus dibersihkan dengan benar dengan sabun dan air atau pembersih tangan berbasis alkohol sebelum makan, setelah menggunakan toilet, atau kapan pun tangan terlihat kotor.

Ini karena kita menyentuh mulut dan hidung dengan tangan beberapa kali sehari, yang memungkinkan patogen masuk langsung ke dalam tubuh kita melalui selaput lendir ini.

2. Kurang olahraga

Olahraga tidak hanya membantu menjaga lingkar pinggang, tetapi juga meningkatkan kekebalan dan fungsi tubuh lainnya. Ini membantu mencegah flu biasa sampai batas tertentu.

Bahkan melakukan olahraga sederhana atau berjalan kaki dapat meningkatkan fungsi sel darah putih yang membantu melawan infeksi atau zat asing lainnya yang masuk ke dalam tubuh. Ini dapat mencegah kita dari sakit.

Baca juga: 5 Pesona Menantu Keluarga Bakrie Vannya Istarinda, Cantikan Mana Sama Nia Ramadhani?

3. Kaki dingin

Konon katanya, kaki dingin atau dinginnya permukaan tubuh dapat meningkatkan risiko terserang pilek. Pasalnya, jika suhu kaki menurun, suhu tubuh juga mulai menurun sehingga membuat tubuh mudah terserang patogen penyebab dingin. Itulah mengapa disarankan untuk memakai kaus kaki dan menjaga kaki tetap hangat selama musim dingin.

 

4. Kurang tidur

Durasi tidur yang lebih singkat dan kualitas tidur yang buruk dapat menyebabkan penurunan kekebalan yang signifikan dan membuat kita mudah terkena flu. Makanya tidurlah dengan teratur dan cukup, sampai 8 jam.

5. Stres

Beberapa percobaan eksperimental mengatakan bahwa stres psikologis secara langsung terkait dengan peningkatan risiko penyakit menular, termasuk pilek. Peristiwa kehidupan yang penuh tekanan, masalah sehari-hari dan emosi negatif dapat membuat seseorang rentan terhadap flu biasa akibat terganggunya fungsi sistem kekebalan tubuh.

Hindari stres dengan berlatih meditasi atau teknik relaksasi pikiran lainnya. Juga, cari dukungan emosional, makan makanan yang seimbang dan olahraga secara teratur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini