Ini Alasan Kafein Berbahaya Dikonsumsi Ibu Hamil

Tasya Chrismonita, Jurnalis · Kamis 27 Agustus 2020 17:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 27 481 2268492 ini-alasan-kafein-berbahaya-dikonsumsi-ibu-hamil-UFp7xrxp3y.jpg (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Sebuah studi baru di jurnal BMJ Evidence-Based Medicine menunjukkan bahwa kafein dapat membahayakan janin. Jack James dari Universitas Reykjavik menuliskan bahwa sebenarnya tidak ada tingkat kafein yang aman yang dapat dikonsumsi selama kehamilan.

James menganalisis temuan dari 37 studi observasi sebelumnya dan 17 meta-analisis lebih lanjut, yang semuanya meneliti kemungkinan hubungan antara kafein dan hasil kehamilan negatif. Hasil negatif ini termasuk mengenai keguguran, lahir mati, berat lahir rendah, kelahiran prematur, leukemia akut masa kanak-kanak, dan obesitas.

Sementara itu, 14 dari 17 meta-analisis “sepakat” dalam menyimpulkan bahwa konsumsi kafein ibu dikaitkan dengan tingkat keguguran yang lebih tinggi, lahir mati, berat badan lahir rendah, dan leukemia akut pada masa kanak-kanak.

 Sebuah studi baru di jurnal BMJ Evidence-Based Medicine menunjukkan bahwa kafein dapat membahayakan janin.

Baca juga: Hindari 5 Kebiasaan yang Bikin Kamu Terserang Pilek

Melansir dari IFL Science, secara keseluruhan temuan menunjukkan tidak ada batas minimum konsumsi di bawah asosiasi ini. Ini berarti bahwa tidak ada jumlah kafein yang bebas risiko.

Sementara penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan sepenuhnya bagaimana kafein membahayakan janin. Kafein telah diketahui dengan mudah melintasi plasenta.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini