Ini Fungsi Mikrobiota Dalam Tubuh Manusia yang Perlu Kamu Tahu

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 27 Agustus 2020 19:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 27 481 2268599 ini-fungsi-mikrobiota-dalam-tubuh-manusia-yang-perlu-kamu-tahu-KLQUWfSCtp.jpg Mikrobiota dalam tubuh (Foto: Medical Dialoges)

Manusia memiliki mikrobiota yang hidup di dalam tubuh. Sekira 100 triliun mikrobiota yang terdiri dari bakteri baik dan jahat tersebar dengan jumlah yang berbeda pada setiap organ manusia. Tentunya mikrobiota ini memiliki peran penting yang berpengaruh pada kondisi kesehatan seseorang.

Dokter Anak Konsultan Gastroenterologi, Prof. Dr. Moh Juffrie, SpA(K), PhD mengatakan, bakteri bisa dianggap sebagai tamu yang bisa mendatangkan keuntungan, tapi di sisi lain mereka juga bisa menimbulkan kerugian pada manusia.

 bakteri ditentukan oleh makanan

“Yang menguntungkan disebut bakteri baik. Tamu ini bertamu untuk memberikan bonus, dengan memacu kekebalan di dinding saluran cerna. Mereka akan memacu sel-sel yang membentuk kekebalan sehingga akan diproduksi sel-sel kekebalan,” tutur Prof. Juffrie, dalam seminar digital ‘Optimalkan Imunitas Anak Kelahiran Caesar dengan Mikrobiota Sehat’, Kamis (27/8/2020).

Selain itu mikrobiota yang ada di dalam tubuh ini juga akan memproduksi antibodi. Antibodi itu diproduksi setiap hari dan akan berlangsung terus-menerus seumur hidup dimulai dari sejak lahir.

“Sejak itu tubuh sudah dipacu imun tubuhnya. Bayi lahir polos. Tapi begitu dia keluar di jalan lahir, maka pada ujung saluran sang ibu memiliki banyak bakteri. Jadi sebaiknya ibu hamil memiliki bakteri yang baik sehingga anaknya mendapatkan banyak bakteri baik pula,” sambungnya.

Prof. Juffrie mengatakan cara seorang ibu melahirkan juga berpengaruh pada bakteri yang akan diterima oleh sang anak. Faktor lain yang memengaruhi kandungan bakteri pada bayi juga ditentukan dari umur kelahiran. Semakin muda masa kelahiran maka bakteri juga belum terlalu matang.

Baca juga: 5 Pesona Menantu Keluarga Bakrie Vannya Istarinda, Cantikan Mana Sama Nia Ramadhani?

“Ibu yang lahir dengan proses caesar juga kandungan bakteri pada anaknya berbeda dengan yang normal. Memang lebih bagus itu melalui proses normal, karena pada alat kelamin perempuan terdapat banyak bakteri baik yakni lactobacillus. Setiap bakteri yang dimiliki orang juga berbeda-beda semuanya tergantung dari makanannya,” pungkasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini