Anak Happy saat New Normal, Enggak Repot Kok

Anabel Lerric, Jurnalis · Jum'at 28 Agustus 2020 08:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 27 612 2268691 anak-happy-saat-new-normal-enggak-repot-kok-aFvzl41Q8L.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

KONDISI pandemi saat ini mengharuskan semua orang menjalani new normal, dengan serangkaian protokol kesehatan, ketika berada di luar rumah. Seperti harus mencuci tangan setiap saat, memakai masker, menjaga jarak, dan lainnya.

Bukan hanya orang dewasa, begitu juga anak-anak. Masih banyak anak-anak yang belajar online di rumah saat new normal.

Namun banyak orangtua yang cukup merasa kewalahan menjalani new normal ini. Beberapa aktivitas terasa baru bagi para orangtua, dan sebagian besar harus menjalaninya dengan proses yang tidak disangka sebelumnya.

“Pada awal transisi, reaksi-reaksi emosi seperti shock, denial (menyangkal), marah, cemas, takut, bingung, frustrasi, sedih, dan bahkan. Reaksi ini merupakan dampak dari perubahan yang tidak terduga,” ujar Psikolog Keluarga Ita D. Azly, lewat keterangan resmi Yupi.

Baca Juga: 5 Pesona Menantu Keluarga Bakrie Vannya Istarinda, Cantikan Mana Sama Nia Ramadhani?

permen

Namun, menurutnya, setiap orang memiliki cara serta strategi tersendiri untuk mengatasinya. Banyak orang membuat dirinya bahagia dengan segala macam hal.

Lebih dari itu, untuk mempermudah menjalani kebiasaan baru adalah menjadikannya sebagai sebuah kebiasaan. Terpenting adalah tetap saling menjaga dan melindungi dengan cara menaati protokol kesehatan.

Selain itu, hindari perasaan tertekan dan cobalah untuk selalu happy. Karena perasaan happy dipercaya dapat meningkatkan imunitas tubuh kita.

Nah, tapi bagaimana caranya menjadikan aktivitas-aktivitas ini sebagai suatu kebiasaan? Ita mengatakan, membentuk perilaku dan membangun kebiasaan baru membutuhkan waktu.

“Dalam konsep psikologi dikenal dengan formula “21/90 rules”, artinya diperlukan waktu 21 hari untuk membentuk kebiasaan baru, dan 90 hari untuk mengubahnya menjadi gaya hidup,” lanjut Ita.

Karenanya, dalam menjalani new normal ini, kita memerlukan asupan energi yang sehat sekaligus terus membangun suasana hati yang happy. Selain makanan utama, kita juga perlu camilan sehat, seperti gummy, yang dapat dikonsumsi saat sedang rileks dan bercengkrama bersama keluarga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini