4 Manfaat Bawang Bombai bagi Perempuan, Apa Saja?

Mayang Magdalena Bengi, Jurnalis · Jum'at 28 Agustus 2020 14:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 28 298 2268949 4-manfaat-bawang-bombai-bagi-perempuan-apa-saja-Jpg5F9FGe3.jpg Bawang bombai (Foto: Inst Pixabay)

Bau bawang yang tidak sedap, membuat beberapa orang enggan memakannya. Jika Anda salah satunya, Anda harus tahu rahasia apa yang diberikan bawang untuk tubuh Anda.

Bawang bombai  yang rendah kalori memiliki berbagai nutrisi seperti vitamin C, vitamin B, folat, zat besi, dan kalium. Penelitian telah menunjukkan bahwa allicin pada bawang memiliki kemampuan untuk melawan kanker dan diabetes, mengurangi kekakuan pembuluh darah dan menurunkan tingkat tekanan darah.

 bawang bombay

Sedangkan bawang mentah memiliki kadar senyawa sulfur organik yang lebih tinggi yang membantu metabolisme makanan, mengurangi peradangan dan melawan stres oksidatif.

Nah, di bawah ini adalah beberapa alasan mengapa wanita harus mengonsumsi lebih banyak bawang dalam makanan mereka. Dilansir Okezone dari Healthside, simak yuk.

1. Mencegah osteoporosis

Akibat penurunan produksi estrogen setelah menopause, tubuh wanita kurang mampu menahan kalsium dari sumber makanan. Oleh karena itu, konsumsi kalsium dianjurkan untuk mencegah terjadinya osteoporosis. Bawang bisa membantu dalam hal ini. Selain itu, bawang bombai mendukung hati dan membuang hormon limbah dari tubuh.

2. Mencegah penuaan  

Melindungi kulit dari penuaan dini. Bawang bombai adalah sumber vitamin A, C, dan E yang sangat baik. Ini juga melindungi kulit dari penuaan dini yang disebabkan oleh radikal bebas. Berkat sifat antiseptiknya, bawang bombai juga dapat mencegah infeksi bakteri. Vitamin C dapat membuat kulit bersinar dari dalam ke luar

3. Mengobati jerawat

Kualitas antimikroba, antibakteri, dan anti-inflamasi bawang dapat melindungi kulit Anda dari bakteri penyebab jerawat dan infeksi kulit lainnya. Bawang bombai juga bisa digunakan sebagai obat alami untuk jerawat.

 Baca juga: Kisah Survivor Kanker Serviks Parah Akhirnya Sembuh Total, Kuncinya Bahagia

4. Bermanfaat bagi kesehatan jantung

Penelitian telah menunjukkan bahwa asupan senyawa organosulfur yang terdapat pada bawang bombay dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Terlebih lagi, bawang bombai juga mengandung thiosulfinates yang berfungsi sebagai pengencer darah alami dan mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini