Resep Roti Pita, Camilan Enak dengan Tampilan Menggemaskan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 28 Agustus 2020 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 28 298 2269004 resep-roti-pita-camilan-enak-dengan-tampilan-menggemaskan-CsGYQsz3tQ.jpg Roti pita (Instagram/@emihacikenz)

Apa yang terlintas di pikiran Anda ketika memiliki sebuah makanan yang memiliki bentuk unik. Pasti Anda merasa sayang untuk melahapnya bukan?

Makanan dengan bentuk unik umumnya membuat Anda ingin berlama-lama menyimpannya dan menjadikannya pajangan. Padahal, rasa makanan yang lezat justru sayang jika dilewatkan.

Salah satu contoh makanan yang berbentuk unik adalah roti pita. Ya, roti ini sangat cantik karena memiliki bentuk seperti pita. Bagi Anda yang ingin membuatnya, berikut Okezone berikan resep dan cara membuatnya seperti dikutip dari akun Instagram @emihacikenz.

Roti Pita

Bahan A:

- 250 gram tepung terigu

- 130 ml susu cair

- 2 kuning telur

- 3 sdm gula pasir

Bahan B:

- Ragi instant

- 1 sdm air hangat kuku

- 30 gram butter atau margarin

- Sejumput garam

Baca Juga : Rahasia Raisa 3 Kali Ganti Baju di Panggung, Netizen: Akhirnya Tidur Nyenyak

Cara membuat:

1. Campur gula pasir ke dalam susu aduk sampai gula larut, masukkan kuning telur ke susu cair aduk rata lalu tuang ke dalam tepung secara bertahap dan terus diaduk sampai tercampur rata, tutup adonan diamkan selama 6-8 jam.

2. Setelah 6-8 jam, larutkan ragi dengan air aduk rata tuang dalam adonan uleni sampai rata,masukkan butter/margarine, garam uleni lagi sampai tercampur rata.

3. Bulatkan adonan taruh dalam wadah bersih tutup dengan plastik wrap atau serbet bersih diamkan selama 30 menit/sampai mengembang 2 kali lipat.

4. Kempiskan adonan bagi adonan menjadi 9 bulatan dengan berat perbulatan 55 gram atau tergantung selera.

5. Tutup adonan, tunggu 15 menit baru di bentuk pita atau sesuai selera.

6. Diamkan kembali hingga mengembang 2 kali lipat (atau sekira 45 menit).

7. Oles permukaan roti dengan susu cair, panggang di oven (ovennya sudah dipanaskan terlebih dahulu ya) panggang selama 20 menit dengan api atas bawah, sesuaikan dengan oven masing-masing ya, setelah matang angkat panas-panas oles roti dengan butter/margarin.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini