Menghitung Kalori dalam Aneka Jenis Kopi, Mana yang Paling Besar?

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 28 Agustus 2020 19:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 28 298 2269132 menghitung-kalori-dalam-aneka-jenis-kopi-mana-yang-paling-besar-gJZiLb4hh8.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

APAKAH kamu termasuk penggemar kopi? Sudah berapa banyak kopi yang pernah kamu coba? Minum kopi memang memiliki segudang manfaat, asal tidak diminum secara berlebihan.

Berdasarkan studi besar dari 18 studi, dalam total 457.922 orang, setiap cangkir kopi tiap hari dikaitkan dengan penurunan 7 persen risiko diabetes tipe dua. Tapi, minum kopi bukannya tanpa kalori loh.

Seperti diwarta Asiaone, berikut di bawah ini ulasan mengenai berapa banyak kandungan kalori yang terkandung dalam berbagai jenis minuman kopi.

Es kopi sachet

Sebungkus minuman kopi instan yang dibuat dalam kemasan sachet, yang bisa dibuat dengan gampang di rumah disebutkan tidak mengandung kalori lebih tinggi dari secangkir kopi hitam, yakni hanya sekitar 5 kalori per gelas.

Kalori kopi

Kopi hitam

Percaya atau tidak, kopi hitam disebutkan mengandung lebih sedikit kafein dibandingkan daripada minuman kopi jenis brewed. Sebab kopi hitam hanya terdiri dari biji kopi dan air. Jumlah total kalori untuk secangkir kopi hitam ini kurang dari 5 kalori dan tidak ada lemak sama sekali.


Cappuccino

Segelas cappuccino yang terbuat dari susu skim, punya 68 kalori di dalamnya. Nah, susu yang dipilih untuk ditambahkan ke gelas cappuccino Anda ini bisa buat perbedaan besar. Contohnya jika ditambahkan susu cair biasa, maka kalorinya bisa bertambah 150 kalori per satu cup nya. Tapi jika susu yang dipilih adalah susu almond, maka hanya sekitar 30 kalori.

Es kopi frappucino

Tergantung dari topping tambahan yang dipilih, maka kalori yang diasup bisa menjadi tinggi. Contohnya jika ditambah whipped cream alias krim kocok sekitar dua sendok makan, maka menambah 110 kalori di dalamnya. Lain lagi jika dibuat menjadi frappucino, rata-rata mengandung 140 kalori per satu gelasnya.

Latte

Untuk segelas kecil minuman kopi sejenis latte, dengan estimasi sekitar 220ml susu putih biasa tanpa tambahan gula, diketahui mengandung 120 kalori. Ambang batas aman asupan kalori harian, namun jika ditambah gula maka 120 kalori ini ditambah lagi 16 kalori di setiap satu sendok tehnya.

Kopi dan susu kental manis

Jika kopi yang reguler diminum adalah kopi C, yakni kopi yang ditambahkan susu kental manis dan gula. Maka 95 kalori dari kopi ditambah sekitar 135 kalori dari susu kental manis sehingga totalnya menjadi 230 kalori per satu gelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini