Mau Diet Jangan Minum Jus Buah Kemasan, Malah Bikin Gemuk

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 28 Agustus 2020 20:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 28 298 2269164 mau-diet-jangan-minum-jus-buah-kemasan-malah-bikin-gemuk-TQ0A9Tng6F.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BUAH-BUAHAN memang sangat baik dikonsumsi, terutama ketika tengah melakukan diet. Buah pun bisa dikonsumsi dengan berbagai cara, baik dimakan secara langsung ataupun dibuat menjadi jus.

Tapi jangan salah, jika salah memilih jus buah, bukannya berat badan berkurang malah akan mengalami pertambahan. Lantas, kenapa jus buah malah bisa membuat gemuk?

Ahli gizi, Dana James, MS mengatakan, jus buah memiliki kelemahan tersembunyi. Pasalnya, tidak semua jus buah dibuat alami begitu saja.

"Begitu banyak jus buah di luar sana yang terlihat sehat, padahal mereka bisa menjadi bom gula sangat padat dalam satu porsinya," ujarnya sebagaimana dikutip Womenshealthmag.

Tak perlu meragukan manfaat buah yang sudah pasti dilengkapi sejumlah nutrisi, termasuk serat. Menurut Dana James, ketika seseorang makan sepotong buah, maka serat di dalamnya akan memperlambat respons glikemik.

Buah-buahan

"Namun, ketika mengonsumsi buah dalam bentuk jus, serat itu akan hilang, sehingga Anda mendapatkan banyak kandungan gula tanpa banyak cara untuk mengatur efeknya terhadap tubuh," jelasnya.

"Alih-alih membeli jus buah, ada baiknya menambahkan apel untuk rasa manis yang menenangkan," tutupnya.

Komposisi nutrisi buah yang sangat bervariasi, namun semua mengandung nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh. Buah juga kaya akan serat yang dapat membantu menurunkan kolesterol, meningkatkan rasa kenyang dan berkotribusi pada penurunan berat badan.

Buah mengandung nutrisi penting seperti vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Mengonsumsi banyak buah dapat manfaat secara maksimal.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini