7 Makanan yang Mengandung Zat Besi, Cocok untuk Vegetarian

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 28 Agustus 2020 21:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 28 298 2269213 7-makanan-yang-mengandung-zat-besi-cocok-untuk-vegetarian-ISXuqHQOJn.jpg Ilustrasi. (Foto: Boldsky)

BANYAK makanan yang mengandung zat besi tinggi baik untuk kesehatan. Tak hanya dari daging, tapi juga ada makanan yang pas untuk vegetarian.

Dari mulai kacang merah, bayam, hingga jamur mengandung zat besi tinggi. Makanan zat besi juga dipercaya menyeimbangkan jumlah darah dalam tubuh, sehingga Anda bisa mencegah anemia.

Nah, berikut ada 4 makanan yang mengandung zat beso cocok untuk vegetarian. Biar enggak penasaran yuk simak ulasannya, dilansir Okezone dari Timesofindia.

Kacang merah

es kacang

Kacang merah bernutrisi dan mengandung zat besi. Secangkir kacang merah mengandung 4 miligram zat besi dan juga mengandung protein.

Baca Juga: Manisnya Marion Jola Pakai Kaos Rp8 Juta, Netizen: Celana Ketinggalan di Rumah?

Gandum

Salah satu sarapan terbaik yang sarat dengan zat besi dan nutrisi penting lainnya adalah gandum. Makan gandum saat sarapan akan membuat kenyang dan energik untuk waktu yang lebih lama. Selain itu gandum juga bermanfaat jika Anda sedang dalam proses menurunkan berat badan.

Bayam

Sayuran berdaun hijau ini tidak diragukan lagi penuh dengan zat besi. Dalam 100 gram bayam, ada 2,7 mg zat besi. Anda dapat menambahkan makanan ini ke dalam makanan diet Anda atau dijadikan salad dan juga bisa memakannya dengan cara direbus.

Kacang-kacangan

Kacang lentil tidak hanya berisi protein tetapi juga diperkaya dengan zat besi. Segelas lentil yang dimasak mengandung 6,6 mg zat besi. Selain itu, lentil juga mencakup 50% asupan serat yang direkomendasikan setiap hari.

Biji-bijian

Cara lain untuk memenuhi kebutuhan zat besi adalah dengan memakan biji-bijian. Anda bisa makan biji labu, biji rami dan biji wijen. Semua biji super ini penuh dengan zat besi. Untuk kacang-kacangan Anda bisa makan kacang mede, kacang pinus dan almond. Biji dan kacang-kacangan ini juga menyediakan protein, serat, vitamin serta antioksidan.

Jamur

jamur

Jamur juga salah satu makanan yang mengandung zat besi. Tapi tidak semua jenis jamur, hanya beberapa saja yang mengandung banyak zat besi. Seperti jamur tiram mengandung hingga dua kali lebih banyak zat besi dibandingkan jamur kancing.

Dark chocolate

 

Dark chocolate salah satu makanan yang kaya akan zat besi. Inilah salah satu alasan mengapa mengonsumsi cokelat hitam baik. Cokelat hitam sebangak 28 gram mengandung 2 hingga 3 miligram zat besi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini