5 Tanda Kamu Harus Memeriksakan Diri ke Dokter

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Jum'at 28 Agustus 2020 09:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 28 481 2268775 5-tanda-kamu-harus-memeriksakan-diri-ke-dokter-NPSNgX29gQ.jpg Periksa ke dokter (Foto: Freepik)

Kadang-kadang tubuh sudah memberikan sinyal kepada diri kita kalau ada yang tak beres. Namun seringkali kita mengabaikan sinyal tersebut dan mengatakan, tidak ada apa-apa.

Roshini Raj, asisten profesor kedokteran di NYU Langone Medical Center menjelaskan, terdapat beberapa gejala yang mungkin perlu Anda perhatikan jika tubuh memberitahu ada masalah kesehatan yang serius seperti dilansir Today. Lalu apa saja tanda tubuh memberitahu ada masalah kesehatan yang serius?

 sering bersendawa

1. Terlalu sering bersendawa

Bersendawa merupakan pelepasan udara yang tertelan dari perut melalui mulut. Raj menjelaskan, sendawa berlebihan bisa menjadi tanda refluks asam atau sakit maag. Menurut Mayo Clinic, penyakit refluks asam atau gastroesophageal reflux (GERD) terkadang dapat menyebabkan sendawa berlebihan dengan mendorong peningkatan menelan. Penting untuk diketahui karena paparan asam kronis di kerongkongan Anda dapat menyebabkan perubahan prakanker.

2. Sariawan

Kebanyakan orang mengalami luka mulut kecil ini dari waktu ke waktu, dan kondisi ini dapat membuat makan dan minum menjadi tidak nyaman. Sariawan biasanya disebabkan oleh cedera ringan pada mulut, seperti menggigit bagian dalam bibir atau bisa jadi kepekaan makanan terhadap buah jeruk atau infeksi virus.

Jika sariawan tidak sembuh setelah tiga minggu, bagaimanapun, itu bisa menjadi tanda masalah yang berpotensi lebih serius. Raj mengungkapkan, bahwa ini bisa menandakan gejala kanker mulut. Jika Anda tidak merasa sakit, itu bisa menjadi lebih serius.

3. Pasir di Mata

Seperti dilansir Sindonews, terkadang benda asing menggores atau merusak permukaan kornea, lapisan pelindung yang bening di atas mata. Gejala ini dapat berupa perasaan bahwa pasir atau kotoran tersangkut di mata, kepekaan terhadap cahaya, penglihatan kabur, mata merah dan air mata meningkat.

Jika sensasi itu tidak hilang, bisa jadi ini adalah abrasi kornea. Jika Anda mengalami gejala ini, Raj merekomendasikan agar Anda menemui dokter mata. Biasanya dokter akan memberikan resep berupa obat tetes antibiotik. "Anda tidak pernah ingin bermain-main dengan mata Anda," kata Raj.

4. Kaki bengkak atau nyeri

Nyeri di kaki disertai pembengkakan, kram pada otot betis, kehangatan di area yang terkena, atau perubahan warna kulit bisa menjadi tanda pembekuan darah. Kondisi ini lebih umum terjadi setelah penerbangan panjang atau jika Anda merokok, menggunakan kontrasepsi oral atau menderita kanker. Bekuan darah merupakan kondisi yang serius. Raj menambahkan, bahwa jika putus dan masuk ke paru-paru, hal ini bisa berakibat fatal.

 Baca juga: Kisah Survivor Kanker Serviks Parah Akhirnya Sembuh Total, Kuncinya Bahagia

5. Benjolan di bawah lengan

Benjolan di bawah lengan bisa menjadi masalah kecil, seperti rambut yang tumbuh ke dalam atau kelenjar getah bening yang membesar karena virus, atau bisa juga merupakan tanda kondisi yang lebih serius, seperti kanker payudara. Periksakan jika benjolan tersebut bertahan selama lebih dari beberapa minggu.

Ingat, selalu konsultasikan dengan dokter jika Anda mengalami gejala yang terus-menerus atau sebelum memulai perawatan apa pun. "Jika ragu, periksalah," saran Raj.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini