Ibu Hamil Terpapar Covid-19, Kondisi Ini yang Dialami si Bayi

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 28 Agustus 2020 17:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 28 481 2269032 ibu-hamil-terpapar-covid-19-kondisi-ini-yang-dialami-si-bayi-OLIpeYKv1u.jpg Ilustrasi (Foto : Medicaldaily)

Virus corona atau Covid-19 saat ini masih menjadi masalah kesehatan yang menjadi perhatian serius. Karena, penyakit ini bisa menular dengan cepat dan menginfeksi siapa saja, termasuk ibu hamil.

Timbul pertanyaan, apa yang terjadi jika seorang ibu hamil terinfeksi Covid-19? Apakah bayinya mengalami perburukan kondisi kesehatan seperti ibunya?

Bicara mengenai ibu hamil dan risiko paparan virus corona, studi sampai saat ini meyakini bahwa proses infeksi terjadi pada bayi yang sudah lahir, bukan bayi di dalam kandungan. Proses penularan pun melalui droplet.

Sebagai informasi awal, gejala yang muncul pada pasien Covid-19 ibu hamil tak jauh berbeda dengan mereka yang tidak hamil. Gejalanya meliputi batuk, demam, sesak napas, pun pasien Covid-19 ibu hamil tanpa gejala.

Lantas, apa yang terjadi pada jabang bayi di dalam kandungan ibu hamil positif Covid-19?

Ibu Hamil

Diterangkan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandngan Primaya Hospital Bekasi Timur dr Nina Martini Somad, SpOG, kondisi bayi akan sangat terpengaruh dari gejala apa yang dirasakan si ibu hamil.

"Misalnya si ibu hamil gejalanya sesak napas, maka itu akan menyebabkan oksigen yang terhirup jadi berkurang dan ini berdampak langsung ke penurunan oksigen bayi di dalam kandungan," kata dr Nina pada Okezone melalui pesan tertulis, Jumat (28/8/2020).

Baca Juga : Rahasia Raisa 3 Kali Ganti Baju di Panggung, Netizen: Akhirnya Tidur Nyenyak

Bicara mengenai obat-obatan yang mesti dikonsumsi pasien positif Covid-19 ibu hamil, dr Nina menuturkan, tidak ada kekhasan dalam pemberian obat. Namun, dokter akan melihat kembali kondisi kesehatan apa yang dialami si ibu dan dari situ obat ditentukan.

"Kalau si ibu hamil positif Covid-19 itu punya komorbid, maka diperlukan tindakan cepat terhadap dampak Covid-19 terhadap penyakit komorbidnya. Jika terlambat ditangani, ini akan sangat memengaruhi kondisi bayi di dalam kandungannya," tambah

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini