Haus Tanda Orang Dehidrasi Ringan

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 28 Agustus 2020 21:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 28 481 2269231 haus-tanda-orang-dehidrasi-ringan-iyRgAX8flK.jpg Ilustrasi. (Foto: NDTV)

MENJAGA asupan cairan penting untuk mengoptimalkan fungsi tubuh. Karenanya Anda butuh minum air putih setiap hari agar aktivitas lancar.

Tahu enggak Okezoners, 2/3 komponen tubuh terdiri dari cairan. Maka sangat penting jika Anda menjaga kebiasaan minum air secara teratur, agar cairan tubuh selalu terpenuhi.

Dijelaskan dr Ahmad Aulia Ghufron, MMR, air tidak dapat diproduksi tubuh, maka dibutuhkan dari luar. Kalau cairan dalam tubuh kurang, aktivitas jadi tidak optimal.

Baca Juga: Manisnya Marion Jola Pakai Kaos Rp8 Juta, Netizen: Celana Ketinggalan di Rumah?

minum

"Untuk hidrasi asupan air harus ada. Biar enggak nge-blank juga enggak lemas. Lalu diseimbangi dari asupan makanan dan vitamin," terang dr Alghufron saat Webinar ‘Rejuven8 with VIT8+, Jumat (28/8/2020).

Maka itu, minum air membantu kita mengisi cairan tubuh yang hilang. Mengonsumsi air minum dengan pH tinggi juga dapat membantu menjaga tingkat hidrasi tubuh dengan efektif.

Konsumsi air dengan pH tinggi, menurut dr Alghufron, justru akan membantu tubuh untuk menetralisir pH di tubuh. Bagusnya diminum sebelum beraktivitas di pagi dan sebelum tidur makan.

“Dalam keadaan tidur, selama periode 6-8 jam di malam hari, tubuh tetap bekerja, sehingga menyebabkan cairan tubuh berkurang melalui pernapasan atau keluarnya keringat,” tambah dr Alghufron.

Dari beberapa penelitian, kebutuhan air minum setiap hari sekira 2 liter atau 8 gelas sehari. Tapi, dr Alghufron mengatakan bahwa kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda.

"Misalnya pemain bola, kebutuhan cairan enggak sama kayak orang bekerja di kantor. Paling tidak patokannya 2 liter atau 8 gelas," lanjutnya.

Selain itu, pesan dr Alghufron, saat minum air putih jangan sampai menunggu haus. Ketika haus tandanya tubuh sudah kekurangan cairan.

"Haus ini bisa dibilang tanda atau respon dari tubuh kita bahwa kita kekurangan cairan. Haus masuk kategori dehidrasi ringan, makanya minum itu enggak perlu nunggu haus," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini