4 Ramuan Jus Wortel untuk Hilangkan Jerawat

Vina Destya, Jurnalis · Jum'at 28 Agustus 2020 22:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 28 611 2269247 4-ramuan-jus-wortel-untuk-hilangkan-jerawat-d87av5gKKq.jpg Ilustrasi. (Foto: Beautyinkyriaki)

KULIT berjerawat menjadi salah satu alasan seseorang kehilangan kepercayaan dirinya. Gangguan pada kulit yang berhubungan dengan minyak atau sebum berlebih ini bisa muncul di mana saja tanpa kita sadari.

Banyak produk yang memberikan penawaran untuk menghilangkan jerawat atau bekas jerawat tetapi terkadang tidak semua jenis kulit bisa menerimanya. Tak heran jika sebagian orang mungkin mencoba obat-obat alami yang diracik sendiri.

Selain lebih alami, bahan-bahannya pun biasanya mudah didapatkan. Tetapi tentu saja, racikan obat atau skincare alami ini harus diriset dan dipahami dulu efek sampingnya seperti apa.

Bahan-bahan yang biasanya digunakan untuk hilangkan jerawat antara lain lidah buaya, cuka apel, madu, perasan jeruk lemon. Tetapi sebenarnya ada juga salah satu sayuran yang bisa Okezoners coba untuk menghilangkan jerawat, yaitu wortel.

Sayuran berwarna oranye ini memiliki kandungan vitamin A yang dipercaya bisa membantu mengatasi kulit berjerawat. Berikut ini, Okezone akan memberikan 4 ramuan wortel untuk hilangkan jerawat, dilansir Okezone dari Boldsky.

1. Masker jus wortel

 wortel

Jus wortel ternyata bukan hanya untuk diminum, bisa juga digunakan sebagai masker muka. Sepertinya cara ini cocok untuk Okezoners yang tidak menyukai wortel. Bahan yang dibutuhkan hanya 2 sdm jus wortel segar dan kapas.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan yaitu, pertama cuci muka menggunakan pembersih atau sabun muka yang biasa digunakan, lalu keringkan. Selanjutnya oleskan jus wortel pada seluruh wajah mengenakan kapas. Biarkan sampai jus benar-benar kering lalu bilas hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, masker wajah jus wortel ini bisa digunakan setiap hari.

Baca Juga: Manisnya Marion Jola Pakai Kaos Rp8 Juta, Netizen: Celana Ketinggalan di Rumah?

2. Campuran jus wortel dan garam laut

Selain hanya menggunakan jus wortel asli, masker wajah dengan tambahan garam laut pun bisa dilakukan. Garam laut memiliki kandungan sifat antibakteri yang bisa menjaga kebersihan kulit. Selain itu bisa membantu menyeimbangi produksi minyak berlebih pada wajah. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun cukup mudah, yaitu 1 sdm jus wortel, 1 sdt garam, dan kapas.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan yaitu, campurkan jus wortel dan garam laut, lalu aduk sampai merata. Setealh itu oleskan pada bagian-bagian yang berjerawat menggunakan kapas. Pijat-pijat wajah dengan pelan secara melingkar beberapa menit sebelum didiamkan sampai kering. Lalu bilas menggunakan air hangat.

3. Campuran jus wortel dan minyak zaitun

zaitun

Minyak zaitun memang sudah dikenal baik untuk merawat kulit. Kandungan asam lemak esensial dan sifat antioksidan yang terdapat pada mintak zaitun ini ternyata bisa meningkatkan regenerasi kulit. Campurannya bersama wortel, dipercaya bisa meningkatkan nutrisi yang ada pada keduanya. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain, 2 sdm jus wortel, 1 sdt minyak zaitun, dan kapas.

Langkah-langkah yang harus dilakukan yaitu, pertama mencampurkan jus wortel dan minyak zaitun lalu aduk sampai merata. Setelah itu oleskan pada bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama 10-15 menit lalu bilas sampai bersih. Berbeda dengan ramuan lainnya, campuran jus wortel dan minyak zaitun ini bisa dilakukan seminggu sekali.

4. Campuran jus wortel dan multani mitti

Bagi sebagian orang bahan multani mitti mungkin masih terdengar asing. Multani mitti ini merupakan salah satu jenis clay sekaligus menjadi salah satu bahan kuno yang bisa digunakan untuk merawat kulit. Multani mitti ini cukup popular digunakan karena memiliki daya serapnya yang baik. Untuk Okezonersyang memiliki jenis kulit berminyak atau oily, campuran jus wortel dengan multani mitti ini sangat direkomendasikan. Bahan yang dibutuhkan adalah satu buah wortel dan multani mitti secukupnya.

Langkah-langkah yang harus dilakukan yaitu, kumpulkan sari wortel pada mangkuk lalu campurkan dengan multani mitti secukupnya. Aduk sampai merata dan halus, kemudian oleskan pada wajah bisa menggunakan kuas masker atau tangan. Diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas sampai bersih menggunakan air hangat. Ramuan ini bisa Okezoners gunakan seminggu sekali untuk dapatkan hasil yang optimal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini