Chadwick Boseman 'Black Panther' Meninggal Kanker Usus Besar, Kenali Penyebab Penyakitnya!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 29 Agustus 2020 12:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 29 481 2269409 chadwick-boseman-meninggal-kanker-usus-kenali-penyebab-penyakitnya-VP5KRcofEc.jpg Chadwick Boseman meninggal dunia (Foto : KWCH)

Kabar duka yang datang dari Chadwick Boseman mengejutkan seluruh masyarakat dunia khususnya para pencinta karakter Marvel. Pria yang memerankan superhero Black Panther ini meninggal dunia akibat kanker usus besar yang dideritanya.

Kabar kepergian pria berusia 43 tahun itu dikonfirmasi oleh juru bicara keluarga Boseman, Nicki Fioravante. Sang bintang meninggal di rumahnya di daerah Los Angeles didampingi istri dan keluarganya di sisinya.

Chadwick Boseman

Sekadar informasi, Boseman didiagnosis menderita kanker usus besar empat tahun lalu. Ia didiagnosis menderita kanker usus besar stadium III pada 2016 dan berjuang melawannya selama 4 tahun terakhir saat berkembang ke stadium IV.

Baca Juga : Manisnya Marion Jola Pakai Kaos Rp8 Juta, Netizen: Celana Ketinggalan di Rumah?

Merangkum dari Cancer Center berdasarkan penjelasan ahli onkologi Maurie Markman, MD, Sabtu (29/8/2020) kanker usus besar atau biasa dikenal dengan kanker kolorektal terbentuk ketika DNA dalam sel di usus besar atau rektum mengalami mutasi. Mutasi ini membuat mereka tidak dapat mengontrol pertumbuhan dan pembelahan.

Dalam banyak kasus, sel-sel yang bermutasi ini mati atau diserang oleh sistem kekebalan tubuh. Tetapi beberapa sel yang bermutasi dapat keluar dari sistem kekebalan dan tumbuh di luar kendali. Kondisi ini akan membentuk tumor di usus besar atau rektum.

Chadwick Boseman

Penyebab pasti kanker kolorektal belum diketahui, tapi faktor risiko sangat terkait dengan penyakit ini. Beberapa kebiasaan yang dapat memicu kanker kolorektal adalah pola makan yang buruk, merokok, dan penggunaan alkohol dalam jumlah besar.

Selain itu, orang dengan sindrom kanker herediter tertentu atau riwayat keluarga kanker kolorektal juga memiliki risiko tinggi terkena penyakit ini. Setiap tahun, lebih dari 140 ribu orang Amerika didiagnosis menderita kanker kolorektal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini