Chadwick Boseman 'Black Panther' Meninggal, Kenali Gejala Awal Kanker Usus Besar

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 29 Agustus 2020 13:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 29 481 2269415 chadwick-boseman-black-panther-meninggal-kenali-gejala-awal-kanker-usus-QgCIhmgt5s.jpg Chadwick Boseman meninggal dunia (Foto : Instagram/@chadwickboseman)

Kabar duka menyelimuti pencinta Marvel. Pemeran superhero Black Panther, Chadwick Boseman meninggal dunia di usia 43 tahun.

Chadwick Boseman 'Black Panther' meninggal dunia akibat kanker kolon atau usus besar. Menurut juru bicara keluarga, Nicki Fioravante, Chadwick Boseman didiagnosis menderita kanker usus besar empat tahun lalu.

Dia didiagnosis menderita kanker usus stadium III pada 2016. Kemudian, Chadwick Boseman berjuang melawan kanker usus besar selama 4 tahun terakhir saat berkembang ke stadium IV.

Chadwick Boseman

Terlepas dari kabar ini, kanker usus menjadi masalah yang banyak dialami masyarakat sekarang. Penyakit ini kerap tak menunjukan gejala sama sekali. Namun, secara garis besar ada beberapa tanda yang bisa dikenali dari penyakit penyebab Chadwick Boseman meninggal dunia.

Baca Juga : Chadwick Boseman 'Black Panther' Meninggal Kanker Usus, Kenali Penyebab Penyakitnya!

Diterangkan Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Ari Fahrial Syam, SpPD, gejala kanker usus yang kerap dialami penderitanya ialah buang air besar berdarah.

Pola defekasi yang berubah baik mudah diare atau sembelit secara bergantian, sakit perut berulang, berat badan turun, pucat tanpa sebab yang jelas, bahkan pada beberapa pasien, saat diraba perutnya, terasa seperti ada benjolan. Kemudian, apa yang bisa dilakukan jika sudah mengalami gejala tersebut?

Dokter Ari menjelaskan, pasien bisa melakukan pemeriksaan kolonoskopi dan dilanjutkan dengan biopsi. "Ini merupakan metode utama untuk menemukan kanker usus besar," terangnya, beberapa waktu lalu.

Chadwick Boseman

Sebagai tambahan, dr Ari menyarankan untuk setiap orang mampu mengenali faktor risiko, kontrol ke dokter jika mempunyai faktor risiko, kenali gejalanya dan segera berobat ke dokter.

"Selalu menjaga kesehatan dengan tetap melakukan gaya hidup sehat. Sekali lagi penyakit kanker usus besar bisa dicegah dan bisa diobati semakin dini ditemukan semakin baik harapan hidup 5 tahun ke depan untuk para pasien," imbuhnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini