Chadwick Boseman Meninggal, Ini 6 Tips Cegah Kanker Usus Besar

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 29 Agustus 2020 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 29 481 2269489 chadwick-boseman-meninggal-ini-6-tips-cegah-kanker-usus-besar-ThjN8z336X.jpg Chadwick Boseman meninggal dunia (Foto : Nypost)

Meninggalnya Chadwick Boseman pemeran Black Panther akibat kanker usus besar membuat fansnya terpukul. Banyak orang tidak menyangka Chadwick Boseman harus meninggal dunia di usianya yang baru 43 tahun.

Sekadar informasi kanker usus besar atau biasa disebut kanker kolorektal adalah salah satu kanker yang banyak diderita masyarakat Amerika Serikat (AS). Sekira 1 dari 23 pria dan 1 dari 25 wanita akan mengembangkan penyakit ini selama hidup mereka.

Chadwick Boseman

Meski demikian ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu menurunkan risiko terkena kanker kolorektal. Berikut enam cara yang bisa dilakukan untuk membantu melindungi kesehatan usus besar. Yuk disimak :

1. Lakukan skrining untuk memeriksa kanker kolorektal

Skrining adalah tes untuk mencari kanker sebelum tanda dan gejala berkembang. Pemeriksaan kolorektal seringkali dapat menemukan pertumbuhan pada usus besar atau rektum yang disebut polip yang dapat diangkat sebelum berubah menjadi kanker.

Baca Juga : Chadwick Boseman 'Black Panther' Meninggal, Kenali Gejala Awal Kanker Usus Besar

Tes-tes ini juga dapat menemukan kanker usus besar atau rektal secara dini. Jika dideteksi lebih dini maka keberhasilan pengobatan menjadi lebih tinggi.

Cek Kesehatan

2. Konsumsi banyak sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian

Pola makan yang banyak mengonsumsi sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker usus besar atau rektal. Konsumsi daging merah seperti sapi, babi, atau domba serta daging olahan dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker kolorektal.

3. Berolahraga secara teratur

Jika tidak aktif secara fisik, maka seseorang memiliki peluang lebih besar terkena kanker usus besar atau rektal. Meningkatkan aktivitas olahraga dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit ini.

4. Perhatikan berat badan

Kelebihan berat badan atau obesitas meningkatkan risiko terkena dan meninggal akibat kanker usus besar atau rektal. Konsumsi makanan lebih sehat dan meningkatkan aktivitas fisik dapat membantu seseorang mengontrol berat badan.

5. Jangan merokok

Berhenti Merokok

Perokok jangka panjang berpotensi mengembangkan karakter kolorektal daripada orang yang tidak merokok. Jika seseorang merokok dan ingin berhenti, maka akan meningkatkan peluang untung terhindar dari penyakit ini.

6. Batasi konsumsi alkohol

Konsumsi alkohol telah dikaitkan dengan risiko kanker kolorektal yang lebih tinggi. The American Cancer Society merekomendasikan tidak lebih dari 2 minuman sehari untuk pria dan 1 minuman sehari untuk wanita. Satu minuman setara dengan 12 ons bir, 5 ons anggur atau 1½ ons alkohol suling.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini