Share

Hindari Depresi dengan Curhat ke Teman, Solusi Murah dan Praktis

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 30 Agustus 2020 03:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 29 612 2269582 hindari-depresi-dengan-curhat-ke-teman-solusi-murah-dan-praktis-thzNHtuNzr.jpg Ilustrasi. (Foto: Timesofindia)

PANDEMI Covid-19 yang belum juga usai, ditambah dengan pekerjaan yang menumpuk tentu saja membuat kita menjadi tertekan dan stres. Apalagi, masih ada ketakutan untuk pergi ke tempat umum seperti mal atau tempat hiburan.

Memang, pandemi ini telah mengubah banyak hal dari kehidupan kita, baik dari segi sosial maupun ekonomi. Jika biasanya kita bisa berkumpul bersama-sama, kini banyak yang memilih di rumah saja dan membatasi kegiatannya.

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam American Journal of Psychiatry telah menjelaskan kebiasaan dan pola perilaku yang memperburuk penyakit mental yang ada, termasuk depresi. Studi ini sangat relevan dalam keadaan saat ini, karena karantina dapat membuat orang jenuh dan depresi.

curhat

Penulis penelitian pun menyoroti hubungan sosial dan interaksi sosial secara teratur, termasuk mengunjungi teman dan anggota keluarga Anda sebenarnya dapat memiliki efek perlindungan dalam mengurangi risiko depresi dan juga dapat berdampak positif pada suasana hati Anda.

Kesimpulan utama dari penelitian ini adalah bahwa interaksi sosial yang teratur dan curhat kepada teman dan anggota keluarga Anda sangat menurunkan risiko depresi. Para penulis menemukan bahwa mengunjungi anggota keluarga Anda dapat memberikan perlindungan yang signifikan terhadap depresi.

Baca Selengkapnya: Penelitian Sebut Curhat ke Teman Dapat Kurangi Risiko Depresi

(dwk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini