7 Makanan yang Mengandung Protein, Nyesel Kalau Enggak Dimakan Setiap Hari

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 30 Agustus 2020 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 30 298 2269834 7-makanan-yang-mengandung-protein-nyesel-kalau-enggak-dimakan-setiap-hari-CmeNfsbVsa.jpg Ilustrasi. (Foto: Taste)

PROTEIN merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein baik dan cukup, tubuh akan mendapatkan berbagai manfaat kesehatan.

Mulai dari menjaga kesehatan jantung, massa otot, hingga membantu menurunkan berat badan. Namun, untuk memenuhi kebutuhan makanan yang mengandung protein, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan.

Karena tidak semua makanan yang mengandung protein baik untuk kesehatan tubuh. Agar tidak keliru, berikut Okezone rangkumkan 7 jenis makanan yang mengandung protein baik, seperti dikutip dari WebMD, Minggu (30/8/2020).

Baca Juga: Manfaat Ikan Salmon Bisa Turunkan Berat Badan hingga Kulit Cantik

Seafood

seafoof

Seafood atau makanan laut adalah sumber protein yang sangat baik karena biasanya rendah lemak. Beberapa jenis ikan seperti salmon memang sedikit lebih tinggi kadar lemaknya. Namun, kandungan asam lemak omega-3 nya sangat ampuh untuk menjaga kesehatan jantung.

Daging unggas putih

Untuk mendapatkan sumber protein terbaik, Anda bisa mengonsumsi daging unggas berwarna putih seperti daging ayam kampung. Perlu diketahui, bahwa daging berwarna gelap diklaim memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi. Hindari pula mengonsumsi kulit ayam, karena bagian tersebut mengandung lemak jenuh.

Produk dairy

 yoghurt

Produk dairy seperti susu, keju, dan yogurt tak hanya merupakan sumber protein yang sangat baik untuk tubuh, tetapi juga mengandung kalsium, dan diperkaya dengan vitamin D. Tipsnya, Anda bisa memiliki produk susu skim atau rendah lemak untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, dan mencegah osteoporosis.

Telur

telur

Telur merupakan sumber protein yang paling mudah dijumpai dan harganya pun sangat terjangkau. Menurut penelitian The American Heart Association, orang dewasa disarankan untuk mengonsumsi sebutir telur per hari untuk menjaga kesehatan tubuhnya.

Kacang polong

Satu setengah cangkir kacang polong dipercaya mengandung protein nabati sebanyak satu ons steak panggang. Selain itu, kacang polong juga diperkaya oleh serat yang ampuh menciptakan rasa kenyang yang lebih lama.

Kedelai

Menurut penelitian, mengonsumsi lima puluh gram protein kedelai setiap hari dapat menurunkan kolesterol sekitar 3%. Dalam arti lain, kedelai bisa menjadi sumber protein alternatif yang dibutuhkan untuk menjaga pola makan yang sehat. Oh iya, kedelai juga baik untuk jantung lho!

Daging sapi tanpa lemak

daging

Daging sapi tanpa lemak memiliki sekitar dua gram lebih banyak lemak jenuh daripada dada ayam tanpa kulit. Kendati demikian, daging sapi tanpa lemak merupakan sumber seng, zat besi, dan vitamin B12 yang sangat baik untuk kesehatan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini