Deretan Minuman yang Mengandung Kafein Bisa Bangkitkan Semangat Pagi

Mayang Magdalena Bengi, Jurnalis · Senin 31 Agustus 2020 08:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 31 298 2270006 deretan-minuman-yang-mengandung-kafein-bisa-bangkitkan-semangat-pagi-WfnYA9B0gW.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

ANDA mungkin sering mengonsumsi minuman yang mengandung kafein di pagi hari untuk membangkitkan semangat. Namun, apakah benar kafein dapat memberikan semangat?

Nah, Anda harus mengetahui fakta lain yang dimiliki kafein bagi kesehatan Anda. Deretan minuman yang mengandung kafein berupa teh, kopi, dan kakao.

Mengonsumsi minuman yang mengandung kafein dipercaya menjadi stimulan yang bekerja merangsang otak dan sistem saraf pusat. Sehingga mampu membantu Anda tetap waspada dan mencegah timbulnya kelelahan.

Baca Juga: Pesona Nana Mirdad Pakai Baju Tidur, Buat Netizen Tergoda Mama Muda

espresso

Namun efek utama kafein sangat berpengaruh bagi otak. Kafein memblokir adenosin, agar rileks dan tidak lelah, kombinasi ini lebih lanjut merangsang otak dan meningkatkan gairah, kewaspadaan, dan fokus.

Karena memengaruhi otak Anda, kafein sering disebut sebagai obat psikoaktif. Kafein cenderung memberikan efeknya dengan cepat.

Misalnya, kopi membutuhkan waktu 20 menit untuk mencapai aliran darah dan sekitar 1 jam untuk efeknya. Begitu juga minuman lainnya.

Nah, berikut adalah jumlah kafein per porsi (240 mL) dari beberapa minuman populer:

teh

Espresso: 240–720 mg

Kopi: 102–200 mg

Yerba mate: 65–130 mg

Minuman energi: 50–160 mg

Teh yang diseduh: 40–120 mg

Minuman ringan: 20–40 mg

Kopi tanpa kafein: 3-12 mg

Minuman kakao: 2–7 mg

Susu coklat: 2–7 mg

Agar aman ada batasan yang dianjurkan ketika Anda ingin mengonsumsi minuman yang mengandung kafein. Pada orang dewasa batas aman mengonsumsi hanya sekira 400 mg sehari.

Bagi ibu hamil, batas mengonsumsi minuman yang mengandung kafein maksimal 200 mg sehari, karena bisa berdampak pada pertumbuhan janin. Sementara pada anak-anak, cukup minum kopi dengan takaran 3 mg per hari untuk membantu tumbuh kembangnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini