Ini 5 Makanan Tinggi Zat Besi, Nomor 1 Daging Merah

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 31 Agustus 2020 13:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 31 298 2270184 ini-5-makanan-tinggi-zat-besi-nomor-1-daging-merah-4cafOXG9Ah.jpg Daging merah (Foto: Pixabay)

Zinc atau zat besi adalah mineral yang penting untuk kesehatan tubuh. Zat besi diperlukan untuk memenuhi fungsi lebih dari 300 enzim yang terlibat dalam banyak proses penting dalam tubuh manusia.

Zat besi akan memetabolisme nutrisi, memelihara sistem kekebalan tubuh, menumbuhkan serta memperbaiki jaringan tubuh. Sayangnya tubuh tidak dapat menghasilkan zat besi senduiri, oleh sebab itu seseorang perlu mengonsumsi makanan untuk memenuhi kebutuhan harian zat besi.

Merangkum dari Health Line, Senin (31/8/2020), mengonsumsi makanan sehat seimbang dapat menjadi pilihan yang tepat untuk memenuhi asupan zat besi harian manusia. Berikut 10 makanan terbaik dengan kandungan zat besi yang tinggi. Berikut ulasannya.

 daging merah

1. Daging merah

Daging merah adalah sumber yang sangat bagus. Zat besi dapat ditemukan di semua jenis daging, seperti daging sapi dan domba. Dalam 100 gram (3,5 ons) daging giling mentah mengandung 4,8 mg zat besi, yang merupakan 44% dari Nilai Harian (DV).

Meski demikian mengonsumsi daging merah dalam jumlah besar, terutama daging olahan, telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

2. Tiram

Tiram adalah sumber zat besi yang baik dan rendah kalori. Tiram mengandung zat besi dengan jumlah yang sangat tinggi. Enam tiram berukuran sedang menyediakan 32 mg, atau 291 persen dari AKG. Jenis kerang lainnya mengandung lebih sedikit zat besi dibandingkan tiram tetapi masih merupakan sumber yang baik.

Baca juga: Dikenal Sehat, 5 Makanan Ini Bisa Bikin Anda Kegemukan

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan termasuk buncis, lentil, semuanya mengandung zat besi dalam jumlah besar. Dalam 100 gram lentil yang dimasak mengandung sekitar 12% DV. Meski demikian makanan ini mengandung fitat. Antinutrien ini menghambat penyerapan zat besi dan mineral lainnya.

4. Biji-bijian

Aneka biji-bijian adalah adalah makanan tambahan yang sehat untuk membantu meningkatkan asupan zat besi. Tiga sendok makan (30 gram) biji rami mengandung 31% dan 43% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk pria dan wanita. Biji lain yang mengandung banyak zat besi adalah biji labu, labu dan wijen.

 

5. Produk olahan susu

Makanan olahan susu seperti keju dan susu memberikan sejumlah nutrisi termasuk zat besi. Susu dan keju adalah dua sumber zat besi penting karena kandungannya yang tinggi yang tersedia secara hayati. Dalam 100 gram keju cheddar mengandung sekitar 28% DV, sementara satu cangkir susu penuh lemak mengandung sekitar 9%.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini