Daftar 5 Makanan yang Mengandung Vitamin D, Apa Saja?

Mayang Magdalena Bengi, Jurnalis · Senin 31 Agustus 2020 14:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 31 298 2270196 daftar-5-makanan-yang-mengandung-vitamin-d-apa-saja-HFglGKIU0U.jpg Susu mengandung vitamin D (Foto: Thinkstock)

Guna menjaga tulang tetap sehat dan kuat. Anda harus rajin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D. Selain menjaga tulang, vitamin D juga dapat menambah daya tahan tubuh agar terhindar dari penyakit.

Vitamin D merupakan vitamin esensial yang dibutuhkan tubuh untuk penyerapan kalsium, perkembangan tulang, fungsi kekebalan tubuh dan pengentasan peradangan. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan rakhitis, sistem kekebalan yang melemah, peningkatan risiko kanker, pertumbuhan rambut yang buruk, dan osteomalacia.

Mulailah membiasakan diri mengonsumsi makanan yang tinggi kalsium, untuk kesehatan Anda. Mau tau apa saja? Dilansir Okezone dari My Food Data, berikut ini berbagai macam makanan yang banyak mengandung vitamin D.

 ikan salmon

1. Ikan salmon

Ikan salmon yang lezat mengandung banyak vitamin D. Bahkan ikan salmon sebagai salah satu makanan yang mengandung vitamin D dengan kadar yang tinggi. Ikan salmon cocok untuk ibu hamil dan balita untuk pembentukkan tulang. Bagi orang dewasa sangat cocok agar terhindar dari penyakit sendi.

2. Jamur

Jamur menghasilkan vitamin D dari sinar matahari seperti tubuh kita. Menempatkan jamur di bawah sinar matahari selama 20 menit akan meningkatkan kadar vitamin D-nya. Bahkan vitamin D dalam jamur lebih tinggi dibandingkan dalam ikan salmon.

3. Susu

Rajin minum susu akan memberikanmu asupan nutrisi lain seperti kalsium, fosfor, dan riboflavin. Makanya jangan lewatkan minum susu rendah kalori setiap hari ya.

4. Susu kedelai

Jika Anda seorang vegetarian, susu kedelai cocok untuk nutrisi tulang Anda. Diproses dan diolah dari kedelai mengandung vitamin D yang tinggi.

Baca juga: Dikenal Sehat, 5 Makanan Ini Bisa Bikin Anda Kegemukan

5. Sereal

Tinggi kalsium pada sereal membuat sereal banyak digunakan untuk makanan program diet. Karna menguatkan tubuh dan tulang yang aman untuk diet. Selain itu sereal juga mengandung banyak vitamin D.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini