Deteksi Dini Kanker Payudara, Yuk Lakukan SADARI!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 31 Agustus 2020 13:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 31 481 2270139 deteksi-dini-kanker-payudara-yuk-lakukan-sadari-o0L14Je4ll.jpg Periksa payudara deteksi dini kanker (Foto : Medicalnewstoday)

Kanker payudara merupakan penyakit yang umumnya menyerang wanita. Ini karena kanker payudara umumnya berhubungan dengan hormon wanita, meskipun terdapat juga kasus kanker payudara pada pria namun jumlahnya relatif lebih kecil.

Penyakit yang cukup berbahaya ini dapat terjadi karena faktor genetik ataupun perilaku pola hidup. Untuk itu, penting bagi Anda untuk menjalani pola hidup sehat, terlebih bagi Anda yang memiliki faktor keturunan, untuk mencegah penyakit tersebut.

Cek Payudara

Selain itu, Anda juga bisa melakukan pengecekan terhadap payudara agar jika terdapat tanda-tanda kanker payudara, Anda bisa langsung melakukan tindakan medis. Dengan pendeteksian lebih dini, maka kemungkinan sembuh pun akan lebih tinggi.

Baca Juga : Viral Wanita Pemandu Pemancingan, Netizen: Pantes Bapak-Bapak Hobinya Mancing

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan di rumah untuk mendeteksi kanker payudara adalah dengan melakukan tindakan SADARI (Periksa Payudara Sendiri). Mengutip laman Kemenkes pada Senin (31/8/2020), berikut langkah-langkah melakukan SADARI 7-10 hari setelah menstruasi:

1. Berdiri tegak. Cermati bila ada perubahan pada bentuk dan permukaan kulit payudara, pembengkakan dan/atau perubahan pada puting. Bentuk payudara kanan dan kiri tidak simetris? Jangan cemas, itu biasa.

2. Angkat kedua lengan ke atas, tekuk siku dan posisikan tangan di belakang kepala. dorong siku ke depan dan cermati payudara; dan dorong siku ke belakang dan cermati bentuk maupun ukuran payudara.

3. Posisikan kedua tangan pada pinggang, condongkan bahu ke depan sehingga payudara menggantung, dan dorong kedua siku ke depan, lalu kencangkan (kontraksikan) otot dada Anda.

4. Angkat lengan kiri ke atas, dan tekuk siku sehingga tangan kiri memegang bagian atas punggung. Dengan menggunakan ujung jari tangan kanan, raba dan tekan area payudara, serta cermati seluruh bagian payudara kiri hingga ke area ketiak.

Lakukan gerakan atas-bawah, gerakan lingkaran dan gerakan lurus dari arah tepi payudara ke puting, dan sebaliknya. Ulangi gerakan yang sama pada payudara kanan Anda.

Cek Payudara

5. Cubit kedua puting. Cermati bila ada cairan yang keluar dari puting. Berkonsultasilah ke dokter seandainya hal itu terjadi.

6. Pada posisi tiduran, letakkan bantal di bawah pundak kanan. Angkat lengan ke atas. Cermati payudara kanan dan lakukan tiga pola gerakan seperti sebelumnya. Dengan menggunakan ujung jari-jari, tekan-tekan seluruh bagian payudara hingga ke sekitar ketiak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini