5 Makanan Ini Bisa Picu Kanker Payudara, Jangan Keseringan Dikonsumsi!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 31 Agustus 2020 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 31 481 2270245 5-makanan-ini-bisa-picu-kanker-payudara-jangan-keseringan-dikonsumsi-O8FREmt4t1.jpg Sering makan daging merah bisa picu kanker (Foto : Medicaldaily)

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang berhubungan dengan hormonal manusia. Karena itu, penderita kanker payudara harus menghindari makanan tertentu agar tingkat risiko penyakit tidak bertambah parah.

Namun, hal ini juga baik dilakukan untuk mereka yang masih sehat, dengan tujuan untuk mencegah penyakit tersebut. Lalu, apa saja makanan pemicu kanker payudara yang seharusnya dihindari atau tidak dikonsumsi berlebih bagi mereka yang masih sehat?

Mengutip laman Kemenkes pada Senin (31/8/2020), berikut 5 makanan pemicu kanker payudara.

1. Daging Merah yang Dibakar

Daging Merah

Steak atau sate memang lezat, tapi efeknya tidak baik bagi kesehatan payudara Anda. Oleh karena itu sebaiknya Anda batasi pengonsumsiannya hingga tak lebih dari 500 gram dalam seminggu.

Perhatikan cara memasaknya seperti dibakar, karena membentuk heterocyclic amines (HCAs). HCAs ditengarai berpotensi menyebabkan kanker payudara, kanker paru-paru, kanker kolon, dan kanker prostat.

Baca Juga : Ariana Grande Curi Perhatian di MTV VMA 2020, Eh Ada yang Melorot!

2. Alkohol

Beberapa studi memastikan bahwa konsumsi alkohol meningkatkan risiko wanita terhadap kanker payudara. Batas aman minum alkohol adalah segelas sehari. Lebih dari itu, risiko Anda terkena kanker payudara naik 11% dari setiap gelas alkohol yang Anda minum.

3. Gula

Rasanya yang manis ternyata bisa berakibat ‘pahit.’ Mengonsumsi terlalu banyak gula akan melonjakkan level insulin. Berdasarkan riset, insulin adalah promotor utama pertumbuhan tumor. Ketika insulin ada dalam jumlah tinggi dalam darah, ia juga meningkatkan kadar sirkulasi estrogen bebas.

4. Susu Tinggi Lemak dan Produk Olahannya

Beberapa penelitian mengatakan orang yang mengonsumsi susu dan keju tinggi lemak memiliki risiko terkena kanker lebih tinggi. Para peneliti memperkirakan, hal tersebut berkaitan dengan estrogen.

Hormon ini larut dalam lemak, sehingga ditemukan dengan konsentrasi yang lebih tinggi dalam susu tinggi lemak, dibanding susu rendah lemak. Beberapa jenis kanker payudara memiliki reseptor estrogen dan diberi makan oleh estrogen.

Susu

5. Daging yang Sudah Diproses

Para peneliti menemukan bahwa bahan yang digunakan sebagai pengawet yang ada pada daging yang sudah diproses seperti sosis, ham, dan bacon bermetamorfosis menjadi bahan penyebab kanker ketika berada dalam tubuh.

Jadi, tahan keinginan Anda untuk makan hotdog. Bila sudah tak tahan, makan daging yang sudah diproses hanya pada acara-acara spesial.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini