Ada Bercak Putih di Kuku Kaki? Waspadai Tanda Alami Anemia

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 31 Agustus 2020 18:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 31 481 2270393 ada-bercak-putih-di-kuku-kaki-waspadai-tanda-alami-anemia-HaznPisuQT.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KUKU memang dapat menjadi gambaran kesehatan tubuh kita, apalagi kuku kaki kita. Mungkin, kita jarang memperhatikan kuku kaki, lantaran lebih sering tertutup dengan alas kaki.

Nah, mulai sekarang cobalah meluangkan waktu sejenak dan melihat kuku kaki Anda. Apakah kuku berwarna putih atau memiliki bercak putih?

Melansir Men’s Health, ketika kuku kaki berwarna putih atau bercak putih, biasanya timbul karena adanya tekanan atau trauma pada kuku atau memakai sepatu yang terlalu kecil dan jari kaki menyentuh bagian atas sepatu.

kUKU KAKI

Namun, Anda juga harus memerhatikan gejala lain seperti kelelahan atau lemah otot. Dr. Canuso mengatakan kondisi tersebut bisa jadi gejala kekurangan protein atau anemia dan harus memeriksakannya ke dokter.

Tapi, apabila bintik putih disebabkan karena cedera kuku, Anda dapat coba untuk mengonsumsi vitamin yang dapat memperkuat kuku seperti biotin. Anda juga harus membatasi aktivitas yang menjadi penyebab cedera.

Sama seperti kondisi kuku yang lain, proses penyembuhan untuk kuku berwarna putih atau memiliki bercak putih juga memakan waktu yang lama karena kuku hanya tumbuh satu milimeter tiap bulannya. Anda bisa membiarkannya tetap tumbuh hingga menggantikan kuku yang sebelumnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini