5 Manfaat Mendengarkan Musik saat Hamil, Sayang Dilewatkan Moms

Mayang Magdalena Bengi, Jurnalis · Selasa 01 September 2020 06:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 31 481 2270534 5-manfaat-mendengarkan-musik-saat-hamil-sayang-dilewatkan-moms-7C2eBFLnRd.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

IBU hamil cobalah untuk mendengarkan musik agar mendapatkan ketenangan dan menghilangkan stres. Anda juga akan mendapatkan banyak manfaat lainnya dari mendengarkan musik.

Penelitian mengungkapkan bahwa mendengarkan musik saat hamil, dapat bermanfaat bagi ibu dan bayi. Irama musik berpotensi membuat janin mengalami peningkatan yang signifikan dalam perkembangan mental, kesadaran, perilaku, sensorik, psikologis dan emosional.

Ada juga beberapa manfaat mendengarkan musik saat hamil yang harus Anda ketahui. Penasaran? Dilansir Okezone dari Thehealthsite, ini dia lima ulasannya.

Baca Juga: Natasha Wilona Terkurung Dalam Balok Es, Cantiknya Kebangetan

1. Cegah stres dan cemas

hamil

Merasa sedikit khawatir dan stres saat hamil adalah hal yang wajar. Namun tingkat stres dan kecemasan yang tinggi selama kehamilan dapat meningkatkan risiko keguguran, kelahiran prematur, dan bayi lahir dengan berat badan lahir rendah.

Mendengarkan musik dapat membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan suasana hati, yang pada gilirannya membantu menurunkan tingkat stres dan kecemasan Anda. Musik juga dapat mengurangi stres yang mungkin dirasakan janin di dalam rahim, kata para ahli.


2. Memperkuat bonding dengan janin

Musik dapat membangkitkan emosi positif, yang pada gilirannya dapat menciptakan rangsangan pranatal yang akan membantu Anda terikat dengan bayi yang belum lahir. Hubungan yang lebih kuat dengan bayi Anda yang belum lahir dapat memperkaya Anda dan kehidupan bayi Anda.

3. Meningkatkan gerakan bayi

Percaya atau tidak, bayi dalam kandungan Anda juga bisa mendengar musik yang Anda dengarkan. Saat bayi yang belum lahir mendengar getaran, ia mungkin juga mencoba bergerak selaras dengan ketukan. Ini dapat meningkatkan refleks dan reaksi bayi, serta gerakan secara keseluruhan.

4. Meningkatkan indra pendengaran

Saat Anda mendengarkan lagu favorit dengan headphone, bayi Anda mungkin mencoba berkonsentrasi pada gelombang suara. Ini akan meningkatkan stimulasi mentalnya dan secara signifikan meningkatkan konsentrasi, indra pendengaran, dan keterampilan bayi.

5. Dapat menenangkan si kecil setelah lahir

bayi

Beberapa peneliti mengatakan bayi Anda yang belum lahir, mungkin dapat mengingat musik dan suara yang Anda dengarkan saat Anda hamil. Bahkan setelah lahir, si kecil akan merasa tenang saat ia mendengar musik yang sama di dalam rahim.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini