Cuaca Panas Bikin Ketiak Berkeringat dan Bau, Lakukan 5 Cara Ini untuk Merawatnya Yuk

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 31 Agustus 2020 15:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 31 611 2270275 cuaca-panas-bikin-ketiak-berkeringat-dan-bau-lakukan-5-cara-ini-untuk-merawatnya-yuk-sFuYyfru1t.jpg Cuaca panas (Foto: The Beauty Bridge Connoiusseur)

Cuaca panas membuat udara lebih lembab sehingga membuat ketiak mudah berkeringat dan bau. Meskipun hal ini adalah proses alami tubuh, namun tetap saja membuat kita malu.

Jika Anda khawatir dengan ketiak yang lebih sering berkeringat saat cuaca panas, melansir Boldsky pada Senin (31/8/2020), berikut 5 langkah cara merawat ketiak agar tetap kering serta meminimalisir bau.

 merawat ketiak

1. Lakukan pengelupasan kulit

Tak hanya kulit wajah dan tubuh, ketiak juga perlu dirawat dengan eksfoliasi atau pengelupasan kulit. Eksfoliasi dapat menghilangkan sel kulit mati dan membuka pori-pori kulit yang membuat kulit Anda segar dan sehat.

Pori-pori yang bersih akan membuat keringat Anda berkurang. Saat Anda mandi, luangkan beberapa menit untuk menggosok ketiak Anda dan perhatikan perbedaannya.

Anda juga dapat menggunakan scrub untuk mengelupas kulit Anda untuk hasil yang lebih baik dan cepat. Gunakan scrub pada ketiak Anda selama 3-5 sebelum dibilas.

2. Gunakan Antiperspirant

Deodoran adalah penangkal keringat dan bau badan. Yang sebenarnya dilakukan deodoran adalah menekan bau, bukan keringat.

Antiperspirant akan menghalangi kelenjar keringat di ketiak Anda dan dengan demikian mencegah ketiak Anda berkeringat yang dapat menimbulkan bau. Anda juga bisa menggunakan antiperspirant dengan kandungan aluminium klorida untuk mendapatkan formula yang lebih kuat.

 Baca juga: Dikenal Sehat, 5 Makanan Ini Bisa Bikin Anda Kegemukan

3. Kenakan pakaian berbahan katun

Pakaian berbahan katun dapat membuat kulit Anda bernafas. Sedangkan pakaian berbahan sintetis membuat kulit Anda tidak bisa bernafas, alhasil tidak menyerap keringat.

Ini tidak hanya membuat Anda tidak nyaman tetapi ketiak Anda lebih banyak berkeringat. Kenakan pakaian katun dengan warna pastel terang dan longgar yang akan mencegah ketiak Anda berkeringat.

4. Mencukur

Jaga agar area ketiak Anda bebas rambut. Secara alami rambut yang tumbuh dapat mempertahankan kelembaban alias mudah berkeringat.

Cukurlah ketiak Anda dengan cara waxing atau menggunakan krim penghilang rambut, tetapi jangan lupa untuk menjaga kebersihan ketiak Anda sehingga keringat akan berkurang.

5. Tetap terhidrasi

Minum banyak air saat cuaca panas sangat penting. Ini mendinginkan tubuh Anda dan dengan demikian mencegah tubuh Anda berkeringat. Bawalah selalu botol air kemana pun Anda pergi dan minumlah setidaknya 3-4 liter air setiap hari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini