Jaga Kelembaban Rambut Anda dengan 4 Minyak Rambut Alami Ini

Sabrina Mulia Rhamadanty, Jurnalis · Senin 31 Agustus 2020 19:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 31 611 2270447 jaga-kelembaban-rambut-anda-dengan-4-minyak-rambut-alami-ini-eteBl1BMnB.jpg Minyak almond (Foto: Health Line)

Selama musim kemarau, rambut sangat rentan terhadap paparan sinar matahari yang terlalu panas akan membuat rambut kering, kusam bahkan memerah. Bagi Anda yang sering melakukan kegiatan di luar ruangan, menjaga kelembaban rambut dan melindunginya dari kerusakan adalah sebuah keharusan.

Namun terkadang, kita bingung dalam memilih produk yang dapat melembabkan sekaligus menutrisi rambut di tengah cuaca kering dan panas.

Melansir dari Health Site, Anda tidak perlu pusing memilih produk perawatan rambut karena Anda dapat menggunakan tiga minyak alami ini untuk rambut yang lembut, sehat, dan berkilau.

 minyak kelapa

1. Minyak kelapa

Kelapa adalah minyak serbaguna yang meningkatkan pertumbuhan rambut, membantu menghilangkan ketombe, melawan kulit kepala yang kering, memberi nutrisi dan memberikan kilau berkilau pada rambut.

Vitamin dan asam lemak yang terkandung dalam minyak kelapa membantu menyehatkan kulit kepala Anda dan hingga menembus kutikula rambut. Meminyaki rambut lebih efektif dalam mengatasi panas karena di musim panas adalah musim ketika rambut Anda cenderung menjadi sangat keriting, kering dan tidak bernyawa karena paparan sinar matahari langsung.

 Baca juga: Dikenal Sehat, 5 Makanan Ini Bisa Bikin Anda Kegemukan

 

2. Minyak jojoba

Minyak jojoba atau dikenal juga sebagai kacang kina dikenal baik untuk rambut kering, rusak, mudah berketombe dan kusut. Ini karena Jojoba benar-benar diserap oleh kulit kepala tanpa meninggalkan residu.

Minyak jojoba memiliki tekstur yang lebih tidak lengket dan struktur molekul yang sama dengan minyak alami kulit kepala Anda yang disebut sebum. Selain itu, minyak jojoba tidak berbau dan memiliki sifat antibakteri sehingga dapat melindungi kulit kepala Anda dari infeksi bakteri dan jamur.

3. Minyak almond

Selain enak dimakan, ternyata minyak dari kacang almond juga berkhasiat menjaga kilau dan kelembaban rambut. Bahkan jika Anda mengalami kerontokan rambut, maka minyak almond adalah yang terbaik untuk Anda. Minyak Almond yang kaya vitamin E yang penting untuk nutrisi kulit kepala selain itu minyak ini juga bertindak sebagai agen pembersih untuk rambut dan membantu menghilangkan partikel debu dan polutan dalam sekali pencucian.

4. Minyak zaitun

Di Indonesia, sudah banyak produk kosmetik yang menjual minyak zaitun untuk perawatan rambut kering dan kusam. Karena minyak zaitun sangat bagus digunakan sebagai kondisioner bahkan untuk kulit kepala yang sensitif sekalipun. Kandungan utama yang ada pada minyak zaitun adalah vitamin E dan K, serta asam lemak.

Vitamin E berguna untuk menutrisi rambut dan memberikan kelembaban. Minyak zaitun tidak akan menimbulkan reaksi alergi apa pun dan itulah mengapa minyak zaitun dianggap cocok untuk rambut sensitif. Karena mengandung sifat anti-inflamasi dan ringan, sangat ideal untuk melembabkan kulit kepala Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini