5 Manfaat Teh Hijau bagi Kecantikan, Simak Ya

Vina Destya, Jurnalis · Senin 31 Agustus 2020 21:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 31 611 2270493 5-manfaat-teh-hijau-bagi-kecantikan-simak-ya-RJMajjRFsq.jpg Teh hijau (Foto: Health Line)

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk merawat kulit wajah, tubuh, ataupun rambut. Tahukah kamu, bahwa teh hijau bisa dijadikan minuman yang sehat dan bagus bagi perawatan kulit dan rambut.

Dilansir dari The Health Site, kandungan yang terdapat dalam teh hijau antara lain antioksidan, anti-mikroba, anti-inflamasi, astrigen, dan anti-penuaan. Lalu apa saja manfaat teh hijau bagi kecantikan? Simak ya.

 teh hijau

1. Menghilangkan mata bengkak dan lingkaran hitam

Masalah pada bagian mata ini biasanya dialami karena kecapekan, kurang tidur ataupun karena menangis. Kadang, ditutupi oleh makeup pun tidak cukup dan mengganggu penampilan.

Teh hijau bisa memberikan solusinya, kandungan kafein yang ada di dalam teh hijau ini bisa mengecilkan pembuluh darah untuk mengurangi bengkak, dan dalam waktu yang sama juga menurunkan pelebaran pembuluh darah di bawah mata yang bisa membantu menghilangkan lingkaran hitam atau mata panda.

Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu hanya rendam dan dinginkan beberapa kantong teh lalu letakan di area mata atau atas mata selama 15 menit.

2. Mengurangi jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sering dialami oleh setiap orang. Banyak perawatan kulit atau skincare yang menawarkan untuk menyembuhkan benjolan yang disebabkan oleh minyak berlebih ini. Tetapi nyatanya teh hijau juga bisa membantu dalam permasalahan jerawat ini.

Kandungan antioksidan dalam teh hijau bisa membantu menyembuhkan kulit yang rusak jika dikonsumsi secara teratur. Selain itu sifat anti-bakteri yang ada di dalamnya juga bisa digunakan untuk melawan bakteri penyebab jerawat dan mengatur kadar hormon. Selain bisa digunakan dengan cara diminum, teh hijau juga bisa digunakan sebagai masker wajah yang berjerawat atau bagian tubuh lainnya yang memiliki masalah dengan jerawat.

Baca juga: Dikenal Sehat, 5 Makanan Ini Bisa Bikin Anda Kegemukan

3. Mengurangi garis halus dan kerutan

Masalah kulit satu ini biasanya dialami oleh orang-orang yang memasuki usia tua. Jelas garis halus dan kerutan ini sangat mengganggu penampilan untuk terlihat lebih awet muda. Kandungan polifenol yang terdapat dalam teh hijau bisa menetralkan efek merusak dari radikal bebas yang biasanya menyebabkan kulit menjadi kendur, adanya bintik-bintik penuaan, garis-garis halus dan penuaan.

Cara penggunaan teh hijau untuk masalah kulit satu ini adalah dengan merendam teh hijau, selanjutnya haluskan dan campurkan dengan madu. Setelah itu oleskan pada bagian wajah lalu diamkan sekitar 15 menit dan bilas menggunakan air dingin.

 

4. Mengobati kulit terbakar

Antioksidan yang terdapat dalam teh hijau ternyata bisa memberikan perlindungan terhadap sinar ultraviolet. Teh hijau juga bisa mengobati luka yang terbakar dengan cara menyeduh teh hijau dan biarkan sampai dingin, lalu celupkan kapas dan oleskan pada bagian yang terkena luka bakar. Teh hijau ini bisa menyembuhkan kulit yang terbakar sinar matahari.

Selain itu, Epigallocatechin Gallate atau EGCG yang ada dalam teh hijau juga bisa mencegah kanker kulit dengan menghambat gen yang menyebabkan peradangan pada kulit.

5. Membuat rambut lebih sehat

Banyak sekali kandungan yang terdapat dalam teh hijau. Membilas rambut menggunakan air teh hijau bisa membantu mengurangi rasa gatal dan ketombe pada rambut.

Tanin yang ada pada teh hijau bisa membantu mengurangi minyak pada kulit kepada dan kandungan vitamin C dan E yang baik untuk mengatur rambut. Dengan menggunakan air teh hijau untuk membilas rambut ataupun meminumnya bisa melindungi rambut dari debu dan asap rokok.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini