Nekat, 35 Siswi Menyontek via Cat Kuku saat Ujian

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 31 Agustus 2020 20:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 31 612 2270478 nekat-35-siswi-menyontek-via-cat-kuku-saat-ujian-jz36REbNM7.jpg Nyontek via cat kuku (Foto: Oddity Central)

Sebanyak 35 orang siswi ditangkap karena menyontek saat ujian masuk sekolah. Peristiwa ini terjadi di negara bagian Michoacan, Meksiko. Semua siswi tersebut sengaja meletakkan contekkan di atas kuku mereka.

Kabarnya selama proses penerimaan di sekolah di Michoacan, mereka telah dicurigai melakukan kecurangan sejak tahap pertama ujian yang diselenggarakan pada akhir Juli 2020. Hal tersebut terungkap ketika beberapa siswa ketahuan membeli lembar jawaban seharga sekira Rp10 sampai 17 juta.

 nyontek via cat kuku

Meskipun tidak terbukti secara resmi, namun klaim tersebut sebenarnya dikonfirmasi oleh hasil tes yang menakjubkan di beberapa kota Michoacan. Menurut laporan media Meksiko, sebanyak 50 orang pelamar yang mengikuti ujian telah menjawab 100 pertanyaan dengan benar.

Sementara 300 orang lainnya mendapatkan skor 99 dan 90. Tentunya nilai yang sangat tinggi ini bukanlah hal yang biasa. Pasalnya di kota lain para peserta hanya mampu menjawab 71 jawaban dengan benar.

Sebagaimana dilansir Oddity Central, Jumat (28/8/20200, untuk menghilangkan semua kecurigaan penipuan, pihak berwenang memutuskan untuk melakukan tes ulang pada 21 Agustus 2020. Dari hasil tersebut pihak berwenang berhasil menangkap 35 siswi di Morelia dan Arteaga yang mencoba berbuat curang dengan cara cerdik tersebut.

Pada halaman Facebook Primera Plana Michoacan terdapat unggahan video yang menampilkan 35 orang siswi membuat jawaban di atas cat kuku mereka supaya dapat menjawab 100 soal pilihan ganda yang diberikan.

Meski kuku wanita tersebut di cat dengan warna yang berbeda, tapi semuanya menampilkan titik yang sama. Polanya terdiri dari 10 titik warna berbeda di setiap kuku sesuai dengan 100 respon dalam buklet ujian.

Baca juga: Dikenal Sehat, 5 Makanan Ini Bisa Bikin Anda Kegemukan

Menariknya para peserta yang curang tidak dilarang mengikuti ujian. Sebaliknya mereka dipisahkan dari kelompok lainnya dan diminta untuk mengenakan sarung tangan buram untuk menutupi tangan mereka sepenuhnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini