Selain Kopi, Ini 3 Makanan yang Harus Dihindari Ibu Hamil

Mayang Magdalena Bengi, Jurnalis · Selasa 01 September 2020 07:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 01 298 2270589 selain-kopi-ini-3-makanan-yang-harus-dihindari-ibu-hamil-QeOrISHds1.jpg Kopi harus dihindari ibu hamil (Foto: About Islam)

Masa kehamilan harus selalu diperhatikan. Mengubah gaya hidup yang sehat sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu dan si calon bayi.

Terutama memperhatikan makanan yang dikonsumsi ibu hamil. Nah, buat calon ibu yang pencinta kopi sebaiknya hindari dulu minum kopi di masa kehamilan Anda.

Kafein pada kopi yang berlebih selama kehamilan dapat mengganggu perkembangan hati bayi Anda dan meningkatkan risiko Penyakit hati berlemak pada masa dewasa.

Menurut penelitian Journal of Endocrinology mengonsumsi 2-3 cangkir kopi sehari dapat mengubah kadar hormon pertumbuhan yang dapat mengganggu perkembangan hati bayi. Maka Anda harus membatasi minuman yang mengandung kafein.

Selain minum kopi, ada beberapa jenis makanan yang harus kalian hindari saat masa kehamilan. Yuk simak beberapa makanan yang memiliki dampak buruk untuk kehamilan. Apa saja?

 ikan

1. Ikan mengandung merkuri tinggi  

Merkuri adalah unsur yang sangat beracun yang biasanya ditemukan di laut yang tercemar. Ini dapat menyebabkan masalah perkembangan yang serius pada anak-anak, bahkan dalam jumlah yang lebih rendah. Oleh karena itu, wanita hamil dan menyusui dianjurkan untuk menghindari makan ikan laut berukuran besar, yang kemungkinan besar menumpuk merkuri dalam tubuhnya dalam jumlah tinggi. Ikan setengah matang atau mentah juga sebaiknya dihindari.

2. Ikan setengah matang atau mentah

Penggemar sushi mungkin tidak senang mendengarnya, tetapi ikan mentah, terutama kerang, dapat menyebabkan beberapa infeksi yang mungkin tidak hanya memengaruhi Anda tetapi juga janin Anda. Ketika infeksi ini ditularkan ke bayi Anda, itu dapat menyebabkan konsekuensi yang serius, atau bahkan fatal.

 Baca juga: Natasha Wilona Terkurung Dalam Balok Es, Cantiknya Kebangetan

3. Kecambah mentah

Bukan kecambah yang bisa membahayakan bayi Anda, melainkan kuman yang mungkin bersembunyi di dalam pilihan sayur ini. Kecambah mentah, termasuk alfalfa, semanggi, lobak, dan tauge, kemungkinan besar terkontaminasi Salmonella, bakteri yang dapat menginfeksi saluran usus.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini